eprintid: 2633 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/26/33 datestamp: 2012-08-09 14:33:22 lastmod: 2017-04-03 08:24:26 status_changed: 2012-05-04 16:42:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NAELA TASBIHAH NIM. 0442 0917, title: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V SDIT HIDAYATULLOH NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Tinjauan Pendekatan Komunikatif) ispublished: pub subjects: B divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran, Bahasa, Arab, Siswa, Tinjauan, Pendekatan, Komunikatif note: Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin A, M.Ag. abstract: ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sebenarnya belajar bahasa adalah proses pembiasaan. Pembentukan kebiasaan berbahasa lebih efektif hasilnya dalam pemerolehan bahasa sasaran. Namun untuk membentuk kebiasaan berbahasa tersebut perlu mempertimbangkan banyak hal. Sebab mempelajari bahasa Arab bagi non Arab akan senantiasa terbentur banyak problem, baik itu problem dari faktor linguistiknya maupun dari segi non-linguistiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa Arab pada siswa Kelas V SDIT Hidayatulloh ditinjau dari pendekatan komunikatif sebagai acuan dalam analisis; dan untuk mengetahui problema apa saja yang dihadapi guru dalam pembelajaran bahasa Arab pada Kelas V SDIT Hidayatulloh. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi perkembangan dan peningkatan mutu pengajaran bahasa Arab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan pendekatan ini digunakan dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa saja yang dialami oleh subyek penelitian seperti perilaku, motivasi, tindakan dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata. Sedangkan jenis penelitian ini yakni field research (penelitian lapangan). Sumber datanya adalah siswa, guru bahasa Arab dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran bahasa Arab pada Kelas V SDIT Hidayatulloh secara metode, materi yang diajarkannya, tujuan pengajaran serta evaluasi yang digunakan lebih tepat dikatakan sedang berkembang menuju pembelajaran bahasa Arab yang komunikatif. Sebab semua komponen dalam pengajaran seperti yang sudah tersebut diatas sesuai dengan prinsip dan ciri-ciri pendekatan komunikatif, sekalipun masih berupa drill-drill / latihan-latihan manipulatif. Problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran bahasa Arab berkisar pada segi linguistik seperti pengetahuan kosa kata siswa yang minim, minat mereka yang rendah terhadap pelajaran bahasa Arab, tulisan, waktu dsb./div date: 2009-06-11 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-06-11 14:22:44 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--naelatasbi-2334-1-naelata-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/47/digilib-uinsuka--naelatasbi-2334-1-naelata-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=2720 ; nama file lama : NAELA TASBIHAH 04420917 PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V SDIT HIDAYATULLOH NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Tinjauan Pendekatan Komunikatif).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2730450 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NAELA TASBIHAH NIM. 0442 0917, (2009) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V SDIT HIDAYATULLOH NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Tinjauan Pendekatan Komunikatif). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2633/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2633/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf