relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26333/ title: MISTIKISME ISLAM KEJAWEN TRANSFORMASI TASAWUF ISLAM KE MISTIKJAWA DALAM PEMIKIRAN PROF. Dr. SIMUH creator: Ali Mansur, NIM. 99513103 subject: Aqidah Filsafat description: Intraksi antara Islam dengan budaya Jawa telah melahirkan berbagai interperstasi yang beragam Mark Woodward, mengatakan bahwa Islam yang ada di Jawa adalah merupakan bagian dari varian-varian Islam. setidaknya hal itu daoat dilihat dari pengakuan Islam Jawa terhadap adanya Tuhan. Lain halnya dengan Clifford Greertz dan Koentjaraningrat, mereka lebih melihat Islam yang ada di Jawa telah memiliki bentuknya yang berbeda dengan Islam yang ada di Timur Tengah, bahkan Koen araningrat menyebut Islam di Jawa sebagai Islam Kejawen. Prof Dr. Si..rnub., seorang ahli budaya Jawa, ment:,rata.lcan bahwa sesungguhnya Islam yang ada di Jawa adalah Islam yang bukan hannya tampak dari kulit luamya sa_ia, tetapi Islam di Jawa memiliki persamaan konsep dengan Islam yang ada di Timur Tengah. Setidaknya hal itu dapat ditelusuri dari konsepĀ­ konsep mistik yang ada dalam Islam Jawa ini. Untuk dapat melacak hakekat mistik yang ada dalam Islam di Jawa daoat di telusuri lewat pendekatan histories dan tekstual-kultural. Dengan demikian analisis prosesnya menjadi cukup kayaa dengan infonnasi dan iluminasi yang dapat membuat remang-remangnya sufisme Jawa mePJadi cuk-up jelas. Dalam penjelasan-penjelasannya Prof Dr. Simuh mengatakan, bahwa dakwah Islam di Jawa dapat ditin_iau dari segi intraksinya atau pergulatannya denga..'1 li..t1g.lcungan sosial setempat dapat berkembang kepada dua tipe pendek:atan yang diamertikal, yaitu pendekatan secara kompromis dan pendekatan secara nonkompromis. Dalam perkembangannya dakwah secara kompromis ini jauh lebih menonjol di bandingkan dengan dakwah secara nonkompromis. Pengalaman sepritual keagatw...an atau pengala..T.an mistik dan kadang j Uooa disebut pengalaman keagamaan dapat dikatakan sebagai esensi dari keberagamaan seseorang. Semua doktrin agama selalu menempatkan hal ini secara eksplisit didalam teologi atau dogrp.a. Kesamaan atas konsep pengalaman keagamaan inilah yang membuat penyebaran Islam di Jawa bayak diterima oleh masyarakat Jawa. Pergulatan Islam dengan budaya setempat telah melahirkan berbagai wajah baru yang mempunyai kepekatan yang cukup tinggi dan cukup prospektif Sedangkan pendekatan dahvah secara nonkompromis, rnengembangkan penalaran yang berbada secara sistematis. Pendekatan ini menarik garis pemisah yang tegas antara prinsip yang sejalan dengan Islam dengan budaya lokal yang dia..qggap tidak sama atau berseberangan dengan Islam Unsur-a'lSur yang seiramadengan Islam bisa diintegrasikan dengan Islam sedangkan untuk yang tidak seirama tidak akan diterima. Bila para pendukung dari teradisi lama tidak toleran dan hersikap agresif biasanya akan dapat menimbulkan ketegangan daan bahkan akan dapat mengarah kepada konflik. Disinilah peran besar yang dimainkan oleh Prof Dr. Simuh. Ia berusaha untuk mencarikan titik temu dan jalan keluamya dari persolan yang timbul ini, sePingga persoalan yang tadinya sangat rU-rnit dapat diuraikan dengan jelas lewat beberapa karya dari Prof Dr. Simuh ini. date: 2005-08-03 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26333/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26333/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: Ali Mansur, NIM. 99513103 (2005) MISTIKISME ISLAM KEJAWEN TRANSFORMASI TASAWUF ISLAM KE MISTIKJAWA DALAM PEMIKIRAN PROF. Dr. SIMUH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.