<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an)"^^ . "Merebaknya persoalan-persoalan sosial belakangan m1, semakin\r\nmemperlebar jurang pemisah antara orang-orang kaya dan orang-orang miskin,\r\nantara pemegang modal dan pegawai-pegawai rendahan, antara pemegang\r\nkekuasaan dan rakyat jelata. Persoalan-persoalan tersebut kalau tidak segera\r\nditangani dengan bijak akan semakin membuat suasana bertambah panas.\r\nSesungguhnya permasalahan sosial yang menimpa orang-orang miskin, kaum\r\nburuh, pekerja-pekerja bangunan serta kaum pinggiran lainnya akan cepat\r\nteratasi kalau aturan y .. mg ada ditegakkan dengan sebaik dan seadil mungkin.\r\nKarena selama ini orang-orang pinggiran atau yang biasa kita kenai dengan\r\nistilah kaum mustaif'affn terus melakukan perlawanan karena merasa bahwa hakhaknya\r\nselama ini, dirampas dan ditindas oleh mereka yang punya modal dan\r\nkekuasaan.\r\nPersoalan kaum mu'Otad,'afin di atas, menjadi menarik untuk dicermati\r\ndan diamati secara mendalam. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis\r\nmengkaji secara kritis mengenai siapakah yang sebenamya disebut sebagai\r\nmustad,'afin? apakah mustad,'affn itu hanya dari kaum bawah dan pinggiran saja?\r\nSerta bagaimana aplikasi makna mustad,'affn dalam konteks kekinian?\r\nAdapun signifikansi dari penelitian ini adalah untuk melihat secara kritis\r\nmengenai terminologi mustaif'afin menurut Sayyid Qut,b dalam karyanya fi ?ila7\r\nal-Qur'an, kemudian aplikasinya dalam konteks kekinian. Dalam penelitian ini\r\npenulis mengkaji pendapat Sayyid Qutp dalam karyanya taf<;ir fi ~i/a] al-Qur'an.\r\nseperti yang diketahui, disamping seorang ulama, beliau juga seorang tokoh\r\nIkhwan al-Muslimin, yang dalam aktifitasnya seringkali berbenturan dengan\r\nkepentingan penguasa, hingga penjara bukanlah menjadi hal yang asing bagi\r\nbeliau, bahkan karya tafsimya sebagian besar ia selesaikan di dalam penjara.\r\nKarena itulah persoalan-persoalan penindasan dan l~etidakadilan adalah\r\npermasalahan yang akrab bagi beliau.\r\nDari penelitian ini ditemukan bahwa yang jadi titik fokus perhatian\r\nmustad,'afin bagi Sayyid Qutb adalah tentang akidah, jika ia tertekan dalam\r\nmenjalankan agama maka ialah yang disebut mustad,'afin. Meskipun ia memiliki\r\nstatus sosial yang tinggi dan mempunyai fisik yang kuat tapi kalau ia tidak bisa\r\nmenjalankan ibadah dengan tenang, karena ada gangguan dari fihak lain, maka ia\r\ndisebut mustaif'aiJiJ.\r\nKemudian makna mustad,'aiJiJ menurut Sayyid Qutb ini, jika\r\ndihubungkan dengan kenyataan yang terjadi saat ini, seperti rakyat Palestina\r\nyang tertindas oleh perilaku kaum agresor Israil, atau menyaksikan invasi\r\nAmerika terhadap Iraq, maka rakyat Palestina dan rakyat .iraq adalah termasuk\r\nkaum mustad,'affn, sebab disamping dilemahkan dalam bidang fisik maupun\r\nekonomi, maka tekanan yang paling berat adalah hilangnya ketenangan mereka\r\nunt uk menjalankan perintah agamanya dengan nyaman.\r\nDi indonesia, keadaan seperti ini seringkali ditemui, pada masa lalu\r\ndimana hubungan antara umat Islam dengan pemerintah mengalami ketegangan,\r\nmaka pada saat itu banyak sekali umat Islam yang mengalami ketakutan ketika melakukan perbuatan yang menunjukkan ketaatan dalam beragama, rajin ikut\r\npengajian takut di bilang fundamentalis dan dit uduh kelompok DVTII, sampaisampai\r\npara pejabat yang ada saat itu tidak berani menunjukkan ke taatannya\r\ndalam menjalankan agama secara transparan. Pelarangan menggunakan jilbab ke\r\nsekolah dan tidak adanya kesempatan bagi para buruh di pabrik-pabrik untuk\r\nsekedar menjalankan sholat, merupakan contoh betapa banyaknya kaum\r\nmustad,'afin.\r\nKemudian yang perlu diingat, bahwa penindasan bisa dilakukan oleh\r\nsiapa saja, tidak hanya oleh pemegang kekuasaan, misalnya ketika Sayyid Qutb\r\nmenerangkan tentang Nabi Harun yang diancam hendak dibunuh oleh Bani Israil\r\nkarena menghalangi mereka menyembah patung Sapi, saat itu Harun disebut\r\nsebagai mustal}'atm, sedang yang menindas adalah Bani Israil. Jadi, siapapun\r\npunya potensi untuk melakukan penindasan, karena banyak yang bisa disebut\r\nsebagai penguasa, entah itupemerintah, orang kaya, pemegang modal, mayoritas\r\nkepada minoritas, ataupun mereka yang punya kekuatan. Kebetulan saat itu yang\r\nmenjadi penguasa dan menindas Sayyid Qutb adalah penguasa yang berwujud\r\npemcrinta"^^ . "2004-04-08" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.98532591"^^ . "SAIFULLLAH AL ALI"^^ . "NIM.98532591 SAIFULLLAH AL ALI"^^ . . . . . . "MUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an) (Text)"^^ . . . "MUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an) (Other)"^^ . . . . . . "MUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an) (Other)"^^ . . . . . . "MUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an) (Other)"^^ . . . . . . "MUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an) (Other)"^^ . . . . . . "MUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26336 \n\nMUSTAD'AFIN DALAM AL-QUR'AN (Studi Atas Penafsiran Sayyid Qutb Dalam Tafsir fi fi Zilal Al-Qur'an)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .