eprintid: 2635 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/26/35 datestamp: 2012-08-13 11:58:34 lastmod: 2017-04-03 08:25:37 status_changed: 2012-05-04 16:43:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR MUJADDIDAH HABIBATILLAH NIM. 04420927, title: STUDI KASUS KOMPETENSI PEDAGOGI GURU BAHASA ARAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI GRABAG MAGELANG ispublished: pub subjects: B divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Studi, Kompetensi, Pedagogi, Guru, Bahasa Arab, Prestasi, Belajar, Siswa note: Pembimbing : R. Umi Baroroh, M. Ag abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogi Guru Bahasa Arab yang dilaksanakan dalam pembelajaran bahasa Arab oleh guru-guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Negeri Grabag Magelang dan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTsN Grabag serta peran kompetensi pedagogi guru bahasa Arab terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa MTsN Grabag. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam memperbaiki proses pembelajaran bagi semua pihak, khususnya Madrasah Tsanawiyah Negeri Grabag dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Tsanawiyah Negeri Grabag Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: pengumpulan data (data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi), mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi mana data yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan dengan mencari data yang diperlukan guna mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi pedagogi guru bahasa Arab yang dilaksanakan dapat dilihat dari kemampuan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, yaitu: Pertama, kompetensi dalam perancangan pembelajaran, hasil penelitian menunjukkan rencana pembelajaran yang dibuat telah sesuai dengan prinsip pengembangan KTSP yakni ilmiah, relevan, fleksibel, kontinuitas, konsisten, memadahi, aktual dan kontekstual, efektif dan efisien, sehingga perencanaan pembelajaran menjadi efektif karena menggunakan kurikulum yang berlaku. Kedua, kompetensi dalam pengelolaan pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan efektif, karena baik pendekatan, strategi, metode, media, sumber pembelajaran dan pengelolaan kelas dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang tertera dalam rancangan pembelajaran. Ketiga, kompetensi dalam penilaian, dari hasil penelitian menunjukkan guru sudah melakukan penilaian dengan baik kepada siswanya, tidak hanya menitikberatkan kepada hasil akhir dan kognitif siswa tetapi juga pada kegunaan setiap harinya. Keempat, kompetensi dalam mengembangkan potensi siswa, guru sudah melakukan pengembangan potensi dengan baik kepada siswanya baik dalam memotivasi, mengajar maupun dalam memajukan kemampuan bahasa arab siswa. 2) Prestasi belajar bahasa Arab siswa di MTsN Grabag cukup baik karena pengetahuan sebagian besar siswa dalam berbahasa Arab cukup baik. 3) Kompetensi Pedagogi guru bahasa Arab berperan terhadap prestasi bahasa Arab siswa, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang menguasai pedagogi dengan baik maka para siswa berpendapat lebih mudah dalam menerima pelajaran. date: 2009-06-11 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-06-11 14:28:44 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurmujaddi-2336-1-nurmuja-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/47/digilib-uinsuka--nurmujaddi-2336-1-nurmuja-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2721 ; nama file lama : NUR MUJADIDAH H. 04420927 STUDI KASUS KOMPETENSI PEDAGOGI GURU BAHASA ARAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI GRABAG MAGELANG.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1313631 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NUR MUJADDIDAH HABIBATILLAH NIM. 04420927, (2009) STUDI KASUS KOMPETENSI PEDAGOGI GURU BAHASA ARAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI GRABAG MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2635/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2635/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf