%0 Thesis %9 Skripsi %A WARYONAH, NIM. 98433987 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2003 %F digilib:26362 %I UIN Sunan Kalijaga %K matematika %P 83 %T HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SLTP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26362/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar matematika dan kemampuan menggunakan algoritma dengan prcstasi belajar matematika siswa kelas I SL TP Muhammadiyah 3 Y ogyakarta tahun pelajaran 2002/2003 baik secara sendiri-sendiri, maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan kelas I SLTP Muharnmadiyah 3 Y ogyakarta sebagai populasi ,dan dari 7 kelas diambil secara acak dua kelas yaitu lA dan IF, yang ditentukan berdasarkan Teknik Random Sampling. Data yang dikumpulkan diperoleh melalui angket dan tes. Instrumen motivasi belajar matematika terdiri atas 33 butir soal yang sahih, dengan koefisien reliabilitas 0,8663. Instrumen kemampuan menggunakan algoritma terdiri atas 5 butir soal yang sahih, dengan koefisien reliabilitas 0,5962. Instrumen prestasi belajar matematika terdiri atas 21 butir soal yang sahih, dengan koefisien reliabilitas 0,64. Analisis data menggunakan analisis ref:,rresi dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas I SL TP Muhammadiyah 3 YOf:,')'akarta, dengan koefisien korelasi r). 1= 0,452, dan koefisien korelasi parsial rv 1•2 = 0,327, yang ditunjukkan oleh persamaan regresi Y = 6,465 + 0,104 X1 dengan koefisien determinan 0,204, sumbangan relatif 56,94% dan sumbangan efektif 40,01%. Ada korelasi positif dan signifikan antara kemampuan menggunakan algoritma dengan prestasi belajar matematika siswa kelas I SLTP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dengan koefisien korelasi Tv2 = 0,525 dan koefisien korelasi parsial ry2•1 = 0,4322, yang ditunjukkan oleh persamaan regresi Y = 10,346 + 0,181X2, dengan koefisien deterrninan 0,276, sumbangan relatif 43,03% dan sumbangan efektif 30,26%. Ada korelasi positif dan signiftkan antara motivasi belajar matematika dan kernampuan menggunakan algoritma dengan prestasi belajar matematika siswa kelas I SL TP Muhammadiyah 3 Yof:,ryakarta, dengan korelasi rv_ 12 = 0,594 yang ditunjukkan oleh persamaan TCf:,rresi y = 4,835 + 0,0687 Xt '+ 0,143 x2 dengan koefisien deterrninan 0,353. %Z 1. Drs. Edi Prajitno, M. Pd 2. Drs. lchsan