@phdthesis{digilib26364, month = {September}, title = {PEMBELAJARAN TARJAMAH BAHASA ARAB DI MA WAHID HASYIM YOKYAKARTA (TINJAUAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 01420836 SRI WAHYUNI}, year = {2006}, note = {Drs. H. Zainal Arifn.A, M.Ag.}, keywords = {Pembelajaran Bahasa Arab, MA Wahid Hasyim}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26364/}, abstract = {Latar belakang masalah dari penelitian ini secara umum adalah bahwa belajar adalah berbuat, untuk itu anak barus melibatkan diri secara aktif dalam proses belajar-mengajar, hal ini akan rnembuat pengetahuan dan infonnasi yang ia dapatkan akan lebih mengesankan. Dan dalam pembelajaran tarjamah bahasa Arab di MA Wahid Hasyim Yogyakarta telah terlihat adanya partisipasi siswa dalam proses belajar-rnengajar. Penelitian ini bertujuan untuk rnendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang bagaimana keaktifan siswa MA Wahid Hasyim Yogyakarta dalam proses belajar-mengajar pada bidang studi tarjamah bahasa Arab serta faktor faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tarjamah babasa Arab tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara langsung proses pembelajaran, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: ( keaktifan iswa kelas II IPS dalam pembelajaran tarjamah bahas Arab di MA Wahid Hasyim Yogyakarta baik, hal terlihat adanya keaktifan siswa dalam belajar, baik berupa keaktifan fisik maupun keaktifan mental, misalnya siswa selalu dengan antusias memperhatikan dan mendengarkan materi yang diberikan oleh guru, dan terkadang mereka juga bertanya tentang hal-hal yang berhubungan dengan materi, disamping itu mereka juga aktif dalarn kegiatan berfikir, hal ini dilakukan siswa pada saat praktek atau latihan menterjemah teks Arab erta memahaminya. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa kelas II IPS dalarn pembelajaran tarjamah bahasa Arab di MA Wahid Hasyim Yogyakarta berasal dari diri mereka dan faktor luar yaitu adanya perhatian siswa yang besar terhadap pelajaran tarjamah, adanya minat dan motivasi siswa, sikap siswa yang baik, akan tetapi siswa memiliki kesulitan daJam menterjemah yang dikarenakan kurangnya kemampuan siswa dalam perbendaharaan kosa kata Arab. Adapun faktor yang datang dari luar adalab adanya guru yang memilik:i kepribadian yang baik, memberi motivasi pada siswa , metode atau cara mengajar yang disukai. Siswa dapat membantu keaktifan siswa daJam belajar. Di samping itu lingkungan sekolah yang merupak:an lingkungan pesantren dan hubungan yang akrap diantara merekajuga turut mempengaruhi partisipasi siswa secara aktif dalam belajar.} }