<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TEOLOGI POLITIK\r\n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS)"^^ . "Tindakan politik tidak sepantasnya dilakukan dengan menghalalkan\r\nberbagai macam cara dan mengesampingkan dimensi moral dan ajaran-ajaran\r\nTuhan serta kemaslahatan bersama. Tindakan politik dianggap baik dan benar jika\r\nberguna bagi seluruh rakyat tanpa terkecuali atau tanpa adanya pemihakan pada\r\npihak tertentu serta mengesampingkan pihak lain; Oleh karena itu, di sinilah\r\npentingnya meletakkan tindakan politik yang diwujudkan sebagai tindakan\r\nmengatur rakyat atau menangani urusan mereka dan yang mendatangkan\r\nmashlahat bagi mereka.\r\nPun demikinan, dalam dataran realitas. kegiatan politik tidak boleh\r\ndilepaskan dari fondasi moral dan etika yang dianut oleh orang ataupun kelompok\r\nyang terlibat dalam politik tersebut. Perlu untuk melakukan koreksi terhadap citra\r\npolitik yang dianggap sebagai kotor ini, karena kesan yang mencitrakan politik itu\r\nkotor sebenarnya adalah politik yang tidak mengetahui landasan etik dan moral\r\nagama itu sendiri.\r\nPerilaku politik meyimpang atau kotor sedikit banyak dipengaruhi oleh\r\npemikiran politik Machiavelli yang mengajarkan bahwa politik yang baik adalah\r\npolitik yang pertama-tama politik yang berhasil mencapai tujuannya dengan tidak\r\nharus bisa dibenarkan secara moral artinya kekuasaan harus dilepaskan dari tutel\r\nmoral dan teologi.\r\nAmien Rais melalui pemikiran politiknya mencoba meluruskan\r\npemikiran politik atau tindakan politik yang menghalalkan berbagai macam cara.\r\nBahkan dia juga yang menganjurkan umat Islam untuk tidak takut dan tidak\r\nmenjahui politik. Amien Rais juga sependapat bahwa politik dapat didefinisikan\r\ndengan berbagai cara, akan tetapi bagaimanapun dia didefinisikan, satu hal yang\r\nsudah pasti politik menyangkut kekuasaan dan cara penggunaan kekuasaan.\r\nDalam kehidupan sehari-hari politik berhubungan erat dengan cara dan proses\r\npengelolaan pemerintahan suatu negara.\r\nAmien Rais melihat, politik merupakan kegiatan yang sangat penting,\r\nmengingat bahwa suatu masyarakat hanya bisa hidup secara teratur kalau ia hidup\r\ndan tinggal dalam sebuah negara dengan segala perangkat kekuasaannya. Politik\r\nsangat menentukan corak sosial, ekonomi, budaya. hukum dan berbagai aspek\r\nkehidupan lainnya.\r\nDalam kenyataannya memang, persoalan politik menyangkut siapa yang\r\nsedang mengejar apa, kemudian kapan dan bagaimana yang dikejar itu dapat\r\ndiperoleh. Akan tetapi apa sebenarnya yang mendasari apabila ada seorang\r\npejabat yang melakukan korupsi atau sebagian politisi menghalalkan berbagai\r\nmacam cara untuk mencapai tujuan?. Masih punyakah mereka dimensi moral\r\nataupun akhlak?. Pernahkah mereka bertanya mengapa dan untuk apa mereka\r\nberpolitik itu?. Pertanyaan mengapa atau why itulah yang hilang dari perpolitikan\r\nmanusia modern, karena pertanyaan why sudah ditenggelamkan, tidak aneh hila\r\nbanyak politisi dan pejabat yang kehilangan arah. Pertanyaan why ini menurut\r\nAmien Rais adalah pertanyaan yang perlu dijawab supaya politik benar-benar\r\npunya acuan etika dan moral. Acuan etika dan moral yang bersumber dari ajaranajaran\r\nTuhan perlu dijadikan pedoman dalam berpolitik supaya politik tidak\r\ndilakukan dengan cara-cara kotor dan mengahalalkan berbagai mac am cara dem i\r\nmeraih dan mempertahankan kekuasaan.\r\nSebagai seorang intelektual Muslim, Amien Rais mencoba meluruskan\r\ndan selalu menekankan pada umat Islam supaya tidak terjebak ke dalam suatu\r\npemikiran kotor dan yang menganggap berpolitik bukan suatu yang dianjurkan\r\nagama. Menurut Amien Rais Islam menganjurkan untuk menerjuni kegiatan\r\npolitik secara wajar, konstitusional, legal, terbuka dan demokratis, dengan\r\nmengindahkan akhlak dan moral agama itu sendiri.\r\nAmien Rais menambahkan, bahwa kegitan politik harus menjadi\r\nkegiatan integral dari kehidupannya yang utuh. Mengherankan kalau ada Muslim\r\nyang menjahui, apalagi membenci, kegiatan yang menemukan arah kehidupan dan\r\nnasibnya misalnya menjahui kehidupan politik. Kehidupan dunia harus direbut\r\ndan dikendalikan agar sesuai dengan ajaran-ajaran Tuhan. Oleh karena itu\r\naktivisme manusia tidak boleh lepas dari kesadaran beragama, karena segala\r\ntingkah laku dan gerak-gerik manusia berada dalam pengawasan Tuhan, begitu\r\njuga dengan aktivisme politik.\r\nPemikiran politik Amien Rais adalah pemikiran politik yang mencoba\r\nMemperjuangkan ajaran-ajaran Tuhan dalam ranah politik atau pemikiran politik\r\nyang membawa misi agama. Lantaran membawa misi agama maka meniscayakan\r\nadanya ruang-ruang pararelisme antara teologi khususnya Islam dengan politik di\r\nsetiap pemikirannya.\r\nHal tersebut dapat dilihat dari Bahasa politik \"dalam hal ini adalah\r\nIslam\" yang diposisikan sebagai legitimasi teologis-historis. Pemikiran-pemikiran\r\npolitik beliau yang diformulasikan dalam bahasa atau term-term politik yang\r\nbermakna (meaning), beragumen (reason), memiliki kekuatan kritik yang justru\r\nmemperoleh referensi dalam bahasa politik Islam. Misalnya bahasa tauhid dan\r\namar ma'rufnahi mungkar yang diformulasikan dan dikonseptualisasikan sebagai\r\nsumber peljuangan dalam menegakkan keadilan sosial. Sehingga legitimasi\r\nteologis-ketuhanan digunakan untuk mengkritik segala bentuk praktek politik\r\nyang menyimpang, ketidakadilan sosial, korupsi, kolusi, nepotisme dan\r\notoriterianisme yang dipraktekkan oleh orde baru. Melalui Pemikiran-pemikiran\r\npolitiknya, ketidaknormalan perilaku politik yang menyimpang dan menindas\r\ndidobrak. Puncaknya Amien Rais menggulirkan ide dan gagasan reformasi setelah\r\nsekian lama rakyat Indonesia ini dihegemoni dan dieksploitasi oleh kekuasaan\r\npolitik orde baru."^^ . "2005-12-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 0151 0823-00"^^ . "BACHTIAR DWI KURNIAWAN"^^ . "NIM. 0151 0823-00 BACHTIAR DWI KURNIAWAN"^^ . . . . . . "TEOLOGI POLITIK\r\n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "TEOLOGI POLITIK\r\n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS) (Text)"^^ . . . . . "TEOLOGI POLITIK\r\n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS) (Other)"^^ . . . . . . "TEOLOGI POLITIK\r\n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS) (Other)"^^ . . . . . . "TEOLOGI POLITIK\r\n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS) (Other)"^^ . . . . . . "TEOLOGI POLITIK\r\n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS) (Other)"^^ . . . . . . "TEOLOGI POLITIK\r\n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TEOLOGI POLITIK\r\n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TEOLOGI POLITIK\r\n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TEOLOGI POLITIK\r\n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26441 \n\nTEOLOGI POLITIK \n(STUDI TERHADAP PEMIKIRAN POLITIK KEAGAMAAN AMIEN RAIS)\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .