TY - THES N1 - Pembimbing : DR. Janan Asifudin MA. ID - digilib2645 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2645/ A1 - Siti Aminah NIM: 04420939, Y1 - 2009/06/11/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa dalam meningkatkan minat Bebahasa Santri di Pondok Pesntren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta (Tinjauan Ketrampilan Berbicara). Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim cenderung lebih membantu dalam minat berbahasa santri dalam kehidupan sehari- hari. Hampir seluruh santri sangat memilih kegiatan Ekstrakurikuler bahasa ketimbang proses pembelajaran umum di kelas. Teknik Pengumpulan Data yang penulis gunakan adalah Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Wawancara ini penulis tujukan kepada Direktur Pondok Pesantren, Musyrifatul Lughoh Bagian Bahasa OSIQ dan Bagian Kegiatan Santri. Observasi yang penulis gunakan adalah Observasi Partisipan dan Non Partisipan. Sedangkan Angket, penulis tujukan kepada Santri Madrasah Aliyah yang berjumlah 56 orang. Obyek dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa di luar kelas yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim. Jika di lihat dari tempat penelitian termasuk penelitian Lapangan dan bila di lihat dari sifat Data yang ada termasuk data Kualitatif. Yaitu penelitian yang lebih menekankan pada Data yang bersifat Kualitatif dan menggunakan Analisis Kualitatif dalam memaknai dan menganalisis data yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim cukup efektif dan dalam meningkatkan minat berbahasa santri. terbukti dengan jumlah Persentase santri yang lebih menyukai kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa sebanyak 30%.jika di banding dengan kegiatan belajar formal di kelas yang hanya 4% dari 56 santri. Beberapa usaha Organisasi Santri Ibnul Qoyyim (OSIQ) dalam meningkatkan kemahiran berbicara santri adalah: membuat staff bahasa, pemutaran kaset, pemasangan uslub, pembuatan kaset, penerbitan bulletin, dan Arabic club. Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa berjalan cukup efektif, karena mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Arab santri mampu berinteraksi dengan bahasa Arab sesuai dengan tujuan pembelajaranya. Dengan bukti minat berbahasa santri cukup meningkat yaitu 22% jika dibanding dengan proses pembelajaran dikelas. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Ekstrakurikuler KW - Bahasa KW - Minat KW - Santri KW - Pondok Pesantren KW - Ibnul Qoyyim M1 - skripsi TI - PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA TERHADAP MINAT BERBAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA (Tinjauan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab) AV - restricted ER -