%0 Thesis %9 Skripsi %A ALVI DESI NURMAYANTI, NIM. 12220027 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2017 %F digilib:26476 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Peran pembimbing, perasaan agamis, anak usia dini %P 103 %T PERAN PEMBIMBING DALAM MENANAMKAN SENSE OF RELIGION PADA ANAK USIA DINI DI TTKA (TAMAN TUMBUH KEMBANG ANAK) JAUZAA RAHMA KELURAHAN TEGALREJO, KECAMATAN TEGALREJO, %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26476/ %X Penelitian ini datang dari ketertarikan penulis tentang anak usia dini yang rajin melaksanakan rutinitas sholat di masjid sekitar lingkungan penulis dan bersekolah di TTKA yang berbasis Ke-Islaman. dan pemilihan tempat di Jauzaa Rahma karena di sana menggunakan 7 aspek perkembangan dalam mendidik anak salah satunya moral agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perasaan agamis yang ditanamkan oleh pembimbing di TTKA Jauzaa Rahma dan peran pembimbing TTKA Jauzaa Rahma dalam menanamkan sense of religion (perasaan agamis) pada anak karena pembelajaran yang digunakan berbasis pada pengembangan pembimbingan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitan adalah pembimbing. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah tindakan yang dilakukan oleh pembimbing dalam menanamkan perasaan agamis pada anak usia dini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam yang bersifat terpimpin, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pembimbing dalam menanamkan perasaan agamis anak usia dini di TTKA Jauzaa Rahma terdiri dari enam peranan sebagai pembimbing antara lain sebagai pemberi informasi, motivator, oragnisator, fasilitator, mediator, dan sebagai evaluator penanaman sikap dan sifat yang agamis sesuai yang diperintahkan oleh Tuhan-Nya. %Z Dr. Irsyadunnas, S.Ag., M.Si