%A 13220018 HASTIN TYAS WORO %O Dr. Irsyadunnas, M.Ag. %T KONSELING LINTAS BUDAYA UNTUK MENCEGAH KONFLIK SOSIAL SISWA MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA %X Sebagian siswa MAN 4 Bantul bukan berasal dari Yogyakarta banyak siswa yang berasal dari berbagai daerah misalnya dari Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Di lingkungan MAN 4 Bantul ini banyak Pondok Pesantren dan Panti Asuhan sehingga anak-anak yang dari luar Yogyakarta biasanya akan tinggal di situ. Hal tersebut menimbulkan adanya sentimen di antara mereka sehingga konflik sosial di antara mereka rentan terjadi karena meraka akan lebih menghargai dan mementingkan kelompok mereka bahkan saling membela untuk melindungi kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model konseling lintas budaya untuk mencegah konflik sosial siswa MAN 4 Bantul Yogyakarta Rumusan masalahnya adalah bagaimana model Konseling Lintas Budaya untuk Mencegah Konflik Sosial Siswa MAN 4 Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan tiga siswa yang menjadi sumber utama perselisihan sebagai sasaran bimbingan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ada dua, yaitu: model berpusat pada budaya dan model integratif. %K Konseling Lintas Budaya dan Konflik Sosial %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib26488