%0 Thesis %9 Skripsi %A ISNAN HANIF HIDAYAT, NIM. 13220019 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2017 %F digilib:26492 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Layanan Home Visit, Kedisiplinan. %P 125 %T LAYANAN HOME VISIT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG JAWA TENGAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26492/ %X Latar belakang dari masalah ini adalah ketidak disiplinannya siswa yang sering terlambat dan jarang masuk sekolah dikarenakan sering keluar malam hingga larut. Dan keesokan harinya siswa bangun kesiangan dan menyebabkan siswa malas untuk berangkat kesekolah. metode yang dipandang cukup efektif yaitu metode layanan home visit dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian, SMA PGRI 1 Taman Pemalang Jawa Tengah merupakan sekolah yang menggunakan layanan home visit dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yang dilakukan guru BK di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan jelas dan mendeskripsikan tentang tahapan yang digunakan guru BK pada layanan home visit dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMA 1 PGRI Taman Pemalang Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan peneletian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru BK dan empat siswa yang diambil dari kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI IPS 2. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah tahapan pelaksanaan layanan home visit dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMA 1 PGRI Taman Pemalang Jawa Tengah. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskrptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan pelaksanaan layanan home visit yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kedisiplinan siswa SMA PGRI 1 Taman Pemalang Jawa Tengah adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut dan laporan. %Z Dr. Irsyadunnas, M. Ag.