%A NIM. 13220024 NOVIANTI %O Dr. Irsyadunnas, M.Ag %T BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENGATASI SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH DI MTsN 10 SLEMAN YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini adalah menyadari arti pentingnya tata tertib sekolah, bahwa tata tertib sangat menentukkan dalam perilaku siswa agar disiplin melaksanakan tata tertib sekolah. Namun kenyataannya masih ada siswa yang sering melanggar tata tertib sekolah, untuk itu Bimbingan Pribadi merupakan salah satu cara dalam mendapatkan pilihanpilihan dan pemecahan untuk masalah siswa yang melanggar tata tetib. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bentukbentuk bimbingan pribadi untuk mengatasi siswa yang melanggar tata tertib sekolah di MTsN 10 Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, waka kesiswaan dan siswa yang sering melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk bimbingan pribadi untuk mengatasi siswa yang melanggar tata tertib sekolah di MTsN 10 Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bimbingan pribadi yang dilakukan untuk mengatasi siswa yang melanggar tata tertib sekolah di MTsN 10 Sleman Yogyakarta yaitu meliputi: informasi individual, penasihatan individual dan konseling individu. %K Bimbingan Pribadi, Melanggar Tata Tertib. %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib26499