@phdthesis{digilib26525, month = {March}, title = {HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI LAYANAN INFORMASI TENTANG POLA PERILAKU DALAM PERGAULAN DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI MAN 3 BANTUL DI. YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 13220088 ZETI NOVITA SARI}, year = {2017}, note = {Nailul Falah, S.Ag, M.Si.}, keywords = {Intensitas Mengikuti Layanan Informasi tentang Pola Perilaku dalam Pergaulan, Kedisiplinan Siswa.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26525/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas mengikuti layanan informasi tentang pola perilaku dalam pergaulan dengan kedisiplinan siswa kelas XI MAN 3 Bantul DI. Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat adanya hubungan antara intensitas mengikuti layanan informasi tentang pola perilaku dalam pergaulan dengan kedisiplinan siswa kelas XI MAN 3 Bantul DI. Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Bantul dengan sampel sebanyak 64 siswa yang diambil dari siswa kelas XI. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah intensitas mengikuti layanan informasi tentang pola perilaku dalam pergaulan, sedangkan variabel terikatnya adalah kedisiplinan siwa. Alat pengumpulan data menggunakan skala intensitas mengikuti layanan informasi tentang pola perilaku dalam pergaulan dan skala kedisiplinana siswa. Metode analisa yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis dengan korelasi Product Moment, yang pengolahannya menggunakan bantuan dari program SPSS 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara intensitas mengikuti layanan informasi tentang pola perilaku dalam pergaulan dengan kedisiplinan siswa. Dengan taraf signifikansi 1\% menghasilkan nilai signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan, sedangkan nilai korelasi sebesar 0,682 menunjukkan adanya hubungan positif dan berada pada taraf hubungan yang kuat. Hubungan kedua variabel menunjukkan arah yang sama. Jika intensitas mengikuti layanan informasi tentang pola perilaku dalam pergaulan meningkat maka kedisiplinan siswa juga akan meningkat, sebaliknya jika intensitas mengikuti layanan informasi tentang pola perilaku dalam pergaulan menurun maka kedisiplinan siswa juga akan menurun.} }