%0 Thesis %9 Masters %A SRI KADARSIH SKOM I, NIM. 1520310102 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2017 %F digilib:26551 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Bimbingan Konseling Sebaya, Perilaku Prososial, Remaja %T BIMBINGAN KONSELING SEBAYA (PEER COUNSELING) DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL REMAJA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26551/ %X Sri Kadarsih, Bimbingan Konseling Sebaya dalam Pengembangan Perilaku Prososial Remaja. Tesis Konsentrasi Bimbingan Konseling IslamProgram Studi Interdisciplinary Islamic StudiesPascasarjana UIN Sunan Kalijaga,2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan peran guru bimbingan konseling dalam melaksanakan layanan konseling, sehingga melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam pengembangan sikap positif pada peserta didik.Gurubimbingan konseling memilih beberapa siswa untuk pendampingan teman sebaya yang bermasalah disebut sebagai konselor sebaya. Konselor sebaya memperoleh pelatihan dan bimbingan khusus guna menjadi perpanjangan informasi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif fenomenologi yakni dengan mendeskripsikan dan memberi makna hasil penelitian.Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa yang terpilih menjadi konselor sebaya, dan konseli sebaya.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan bola salju.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasai dan member check. Hasil penelitian ini pertama konsep bimbingan konseling sebaya merupakan keterlibatan siswa/remaja sebagai perpanjangan informasi guru bimbingan konseling, namun tidak memberikan wewenang sepenuhnya.Implementasi bimbingan konseling sebaya terdiri dari tahapan bimbingan konseling sebaya, pelaksanaan konseling sederhana, dan faktor pendukung serta penghambat bimbingan konseling sebaya.Hasil pelaksanaan bimbingan konseling sebaya menunjukkan bahwa adanya perubahan pengembangan prilaku prososial pada pribadi konselor maupun konseli sebaya.Hal ditunjukkan dengan aktivitas remaja yang lebih suka membantu sesama, peduli terhadap temannya, dan bertanggung jawab atas beban yang diberikan oleh guru bimbingan konseling. %Z Dr. Azis Muslim, M.Pd.