%0 Thesis %9 Masters %A NOVI KARTIKA SARI, SPDI, NIM. 1520310123 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2017 %F digilib:26577 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy, Husnuzhan, Kepercayaan Diri %T KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY BERBASIS HUSNUZHAN GUNA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X MAN 1 MADIUN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26577/ %X Novi Kartika Sari, S.Pd.I, Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy Berbasis Husnuzhan Guna Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X MAN 1 Madiun. Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam. Program Studi Interdisiplinary Islamic Studies. UIN Sunan Kalijaga. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, apakah konseling Rational Emotive Behaviour Therapy berbasis husnuzhan bisa meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X MAN 1 Madiun. Kepercayaan diri mampu membuat individu memandang dan menyakini kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya untuk mencapai tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya serta mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Penggunaan unsur Islam yaitu husnuzhan dalam layanan konseling merupakan bagian dari wujud ibadah kepada Allah sekalipun tidak nampak secara fisik-motorik. Hal ini menunjukkan bahwa di dalam Islam, perilaku tidak hanya sesuatu yang nampak saja (behavioural), melainkan perbuatan hati (‘amal al-qalb) juga dianggap sebagai perilaku yang harus dipertanggungjawabkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen model pretestposttest control group design yang melibatkan siswa kelas X MAN 1 Madiun. Penentuan subjek dipilih melalui simple random sampling. Pengukuran dilakukan dengan alat ukur psikologi yaitu skala kepercayaan diri. Data yang terkumpul di analisis menggunakan uji uji T-test (paired sample test dan independent simple test) dan statistik deskriptif dengan bantuan SPSS for window version 18.0. dapat dilihat dari hasil uji beda kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diketahui bahwa nilai Sig. 0,003 0,05 berarti Ha diterima. Kesimpulannya yaitu terdapat perbedaan skor kepercayan diri siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan statistik deskriptif diketahui skor pre-test dan post-test kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan sebesar 15,29 sedangkan kelompok kontrol mengalami penurunan yaitu sebesar -1,43. Ini membuktikan bahwa peningkatan yang terjadi pada kelompok ekperimen berasal dari perlakuan atau manipulasi yang diberikan selama sesi konseling. Penelitian ini berkesimpulan bahwa konseling rational emotive behaviour therapy dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X MAN 1 Madiun. Oleh karena itu konsep husnuzhan melalui pola berfikir positif dapat meningkatkan kepercayaan diri. Sehingga siswa dapat mengenali kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, mengenali harapannya, bersyukur dan tawakan kepada Allah, selalu optimis, bertangung jawa dan mampu melakukan penilaian terhadap dirinya sendiri. %Z Dr. H. Suyadi, M.A.