TY - THES N1 - Dr. Phil. Ahmad Norma Permata, S.Ag.,M.A ID - digilib26653 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26653/ A1 - SANTOSO, NIM. 12720020 Y1 - 2017/05/17/ N2 - Gaya hidup merupakan ciri dari sebuah dunia modern, atau biasa disebut modernitas. Siapapun yang hidup dalam masyarakat modern akan menggunakan gagasan tentang gaya hidup untuk menggambarkan tindakannya sendiri maupun orang lain. Pada era modern ini, berbagai barang dan jasa sangat mengubah pemikiran seseorang dalam bergaya hidup. Gaya hidup modern, bisa dikaitkan pada perilaku seseorang dalam mengkonsumsi kebutuhan hidup mereka. Dalam masyarakat konsumen, objek ?objek konsumsi yang berupa komoditas tidak lagi sekedar memiliki manfaat (nilai-guna) dan harga (nilai tukar-tukar) seperti yang dijelaskan oleh Karl Marx. Namun lebih dari itu, kini telah bergeser dengan menandakan status, prestise, dan kehormatan (nilai-tanda dan nilai ?simbol). Nilai-tanda dan nilai simbol, yang berupa status, pretise, ekspresi gaya dan gaya hidup, kemewahan dan kehormatan merupakan motif utama dalam aktivitas konsumsi masayarakat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk perilaku konsumtif mahasiswa Kabupaten Natuna di Kota Yogyakarta, mengetahui mengetahui penyebaran pengaruh, role model, mekanisme dan apresiasi perilaku konsumtif mahasiswa Kabupaten Natuna di kota Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konsumsi yang dipelopori oleh Jean Baudrillard. Metode penelitian menggunakan peneiltian deskriptif kualitatif . Data Yang dikumpulkan melalui Observasi, Wawancara dan Dokumetasi dengan melibatkan pengurus dan anggota Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Natuna ?Yogyakarta (IPMKN-Y). Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Teknik analisi Data dalam penilitian ini menggunakan Analisis Data Kualitatif, yang meliputi, Kategorisasi Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa secara umum kegiatan konsumsi Mahasiswa Kabupaten Natuna di kota yogyakarta termasuk ke dalam perilaku kosumtif. Dalam membeli dan menggunakan barang tidak lagi atas dasar pertimbangan logika kebutuhan akan tetapi atas dasar logika keinginan (hasrat). Adapun bentuk-bentuk perilaku konsumtif mahasiswa Kabupaten Natuna di Kota Yogyakarta yakni membeli pakaian bermerek mewah seperti Levis, Quick Silver, Cardinal dan Vans dan handpone bermerek mewah seperti Ihone 5, Samsung dan Asus Zenfone 3 Max. Mekanisme sosial (cara kerja sosial) perubahan perilaku konsumtif mahasiswa Kabupaten Natuna di KotaYogyakarta terbentuk dari pengaruh Iklan-Iklan barang mewah di media kemudian ditiru dan ditularkan kepada mahasiswa Kabupaten Natuna lainnya dan diajari oleh senior IPMKN-Y. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Mekanisme Sosial KW - perilaku konsumtif KW - mahasiswa Kabupaten Natuna di Kota Yogykarta M1 - skripsi TI - MEKANISME SOSIAL PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA KABUPATEN NATUNA DI KOTA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 153 ER -