%A NIM. 13720017 ELA NURLELA %O Dr.Yayan Suryana, S.Ag., M.Ag %T MODAL SOSIAL DALAM ORGANISASI SEDEKAH ROMBONGAN DI YOGYAKARTA %X Keberadaan lembaga amal di Yogyakarta cukup signifikan. Misalnya ACT (Aksi Cepat Tanggap), Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, LAZISMU, LAZISNU, dan Sedekah Rombongan. Lembaga-lembaga amal ini melayani dan menerima sedekah dari masyarakat. Dari sekian banyak lembaga amal tersebut, donatur yang bersedekah ke Sedekah Rombongan cukup dominan. Sedekah Rombongan sendiri adalah lembaga amal yang populer dan berkembang secara pesat. Sedekah Rombongan menawarkan program dan layanan sedekah yang unik dan memiliki daya tarik bagi donatur. Sehingga menarik untuk meneliti mengenai faktor-faktor yang mendorong donatur untuk menyumbang ke Sedekah Rombongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi-struktur, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori modal sosial Putnam. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, ketertarikan donatur kepada Sedekah Rombongan dipengaruhi oleh adanya faktor kepercayaan (kredibilitas) yang ada dibalik program dan pengelolaan dana. Nilainilai dan norma juga turut serta memperkuat daya tarik tersebut. Ditambah pula dengan adanya lapisan jaringan yang inklusif semakin menarik daya tarik donatur. Kedua, pengelolaan dan penggalangan dana Sedekah Rombongan yang menggunakan model creative giving ini merupakan hasil pergeseran dari filantropi tradisional menuju filantropi modern/kreatif. Model Creative Giving ini turut memperkuat kepercayaan donatur serta memperluas lapisan jaringan Sedekah Rombongan. %K Sedekah Rombongan, Modal Sosial, Creative Givinng %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib26662