%0 Thesis %9 Skripsi %A ANDINA NOVI HASTAMI, NIM. 1420431015 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2017 %F digilib:26676 %I UIN Sunan Kalijaga %K Pola Asuh Demokratis, Kedisiplinan Anak, Perkembangan Sosial Emosional %P 74 %T HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KEDISIPLINAN ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI TK MEKAR INSANI YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26676/ %X Latarbelakang masalah yang mendorong penelitian ini bahwa Pola asuh demokratis dan perkembangan sosial emosional tidak sesuai dengan harapan, sehingga akan berdampak terhadap perkembangan sosial emosional anak yang tidak optimal yang sesuai dengan masa perkembangan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui korelasi antara Pola Asuh Demokratis dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini TK Mekar Insani Kelas A Yogyakarta, (2) Untuk mengetahui korelasi antara Kedisiplinan Anak dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini TK Mekar Insani Kelas A Yogyakarta, (3) Untuk mengetahui berapa besar kontribusi Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini TK Mekar Insani kelas A Yogyakarta, (4) Untuk mengetahui berapa besar kontribusi Kedisiplinan Anak terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini TK Mekar Insani Kelas A Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuanlitatif, data dan pengumpulan datanya menggunakan angket. Pengumpulan data Pola asuh demokratis dan kedisiplinan anak diambil dengan menggunakan angket, sedangkan perkembangan sosial emosional diperoleh dari nilai raport. Dengan data angket dan nilai raport tersebut untuk mengungkap pola asuh demokratis dan kedisiplinan anak terhadap perkembangan sosial emosional anak. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Dari analisis penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis dengan perkembangan sosial emosional AUD di TK Mekar Insani Kelas A Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kedisiplinan anak dengan perkembangan sosial emosional AUD tahun ajaran 2016/2017. (3) Terdapat koefisien korelasi yang menunjukkan bahwa 0,485 dengan nilai signifikan 0,0140,05, maka hipotesis diterima, ditunjukkan dengan Besar kontribusi dari hubungan pola asuh demokratis dan perkembangan sosial emosional adalah 23,5. (4) Terdapat koefisien korelasi yang menunjukkan bahwa 0,442 dengan nilai signifikan 0,0270,05, maka hipotesis diterima. Besar kontribusi dari kedisiplinan anak dan perkembangan sosial emosional adalah 19,5. %Z Dr. Eva Latipah S.Ag, M.Si