TY - THES N1 - Dr. Mahmud Arif, M.Ag, ID - digilib26677 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26677/ A1 - MOHAMAD HATTA, NIM. 1520430004 Y1 - 2017/03/14/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu upaya guru untuk membina tumbuh kembang anak dan kreativitasnya melalui kegiatan bermain dengan memperhatikan kebutuhan, keunikan dan perkembangannya. Penelitian ini merupakan studi kasus di TK Besar Hore Labschool Rumah Citta Yogyakarta bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan bermain untuk mengembangkan kreativitas anak, menganalisis keberhasilannya dalam bentuk produk serta peran guru dalam kegiatan bermain anak. Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif-naturalistik dengan memasuki area penelitian untuk menafsirkan fenomena yang ditemui melalui metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan mengenai pelaksanaan kegiatan bermain untuk pengembangan kreativitas anak, yaitu: (a) bermain sensori motorik, melibatkan seluruh panca indra dengan aspek kreativitas berbahasa, kejelian, kelenturan motorik dan memecahkan masalah, (b) bermain peran, memerankan tokoh di sekitar anak dengan aspek kreativitas bersosialisasi, berimajinasi, berbahasa, dan kelenturan fisik motorik, (c) bermain pembangunan, menghadirkan ide abstrak menjadi karya dengan aspek kreativitas berpikir, berimajinasi, dan memecahkan masalah, (d) bermain musik, melatih kepekaan rasa dan emosi melalui musik dengan aspek kreativitas berupa emosi, pikiran, perasaan, dan kepekaan isi, (e) bermain konstruktif, mengkonstruk benda menjadi karya dengan aspek kreativitas berpikir, menyelesaikan masalah, imajinasi dan kreasi, (f) bermain sains, melakukan pengamatan terhadap sesuatu dengan aspek kreativitas memecahkan masalah, berbahasa dan analisis, (g) bermain masak-masakan, memberikan kesempatan anak untuk latihan memasak dengan aspek kreativitas berpikir, memperkirakan penyebab, membuat kombinasi dan imajinasi, (h) bermain art day, mengajak anak untuk berkreasi dengan aspek kreativitas berimajinasi, berpikir dan inovasi, (i) bermain membuat ikan, memanfaatkan barang bekas untuk karya dengan aspek kreativitas berimajinasi, berkreasi, dan berpikir kreatif. Semua kegiatan bermain tersebut menghasilkan karya berupa hotel, tank, boneka, sampan, ikan, mobil-mobilan dan lukisan dengan peran guru sebagai pengajar, fasilitator, motivator, inspirator, pengelola kelas, evaluator, pembimbing, demonstrator, komunikator dan pelatih. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pengetahuan bagi praktisi dan pihak-pihak yang peduli terhadap pendidikan anak usia dini, serta sebagai sumbangsih untuk memperkaya khazanah keilmuan, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan kreativitas melalui kegiatan bermain. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Kreatifitas anak usia dini KW - TK besar Hore Labsschool M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI TK BESAR HORE LABSCHOOL RUMAH CITTA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 223 ER -