eprintid: 26745 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/67/45 datestamp: 2017-07-27 01:35:29 lastmod: 2017-07-27 01:35:29 status_changed: 2017-07-27 01:35:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MIFTAKHUL KHASANAH, NIM. 13410051 title: PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK BOARDING SCHOOL DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Perilaku Keagamaan, peserta didik boarding school note: Dr. H. Karwadi, M. Ag. abstract: MIFTAKHUL KHASANAH. Pembentukan Perilaku Keagamaan Peserta Didik Boarding school di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah semakin tidak kondusifnya keadaan lingkungan masyarakat saat ini terutama di kota besar misalnya maraknya pergaulan bebas. Semakin melemahnya orang tua dalam mengawasi pergaulan anak ketika di luar rumah. Program boarding school saat ini digunakan oleh sekolah-sekolah terutama sekolah Islam sebagai program unggulan yang menawarkan kegiatan dengan tujuan untuk membina peserta didiknya agar memiliki perilaku sesuai dengan agama. Hasil yang dilihat dari program boarding school di SMA IT Abu bakar Yogyakarta adalah peserta didiknya secara umum memiliki perilaku yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mengikuti program boarding school. Permasalahan dari penelitian ini adalah apa kegiatan yang ada di boarding, apa dukungan dan penghambat yang ditemui, serta bagaimana hasil kegiatan dalam pembentukan perilaku keagamaan peserta didik program boarding school. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pembentukan perilaku keagamaan peserta didik boarding school di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan-kegiatan yang ada di boarding adalah kegiatan belajar mengajar (KBM), salat berjamaah, tahajud mandiri, halaqah Al-Qur’an, tilawah Al-Qur’an, pekan tidak pulang. (2) dukungan yang diperoleh meliputi semua pengurus dan musyrif sudah kompak; adanya bantuan mu’allim dan koordinasi yang baik dari sekolah; adanya bantuan mu’allim dari yayasan; adanya dukungan moril dan materiil dari orang tua; larangan membawa handphone bagi peserta didik; adanya mutabaah harian; kondisi siswa kelas sepuluh putra yang kondusif dan peserta didik putri yang cenderung kondusif. Sedangkan hambatan yang ditemui yaitu usia pembina dan peserta didik yang tidak terpaut jauh; musyrif dan musyrifah memiliki kegiatan lain di luar boarding; mu’allim belum terpenuhi dari musyrif; kemajuan teknologi; sifat bawaan peserta didik; letak di tengah kota; masih banyak siswa yang menganggap boarding sebagai asrama biasa. Walupun menemui beberapa kendala di lapangan hasil yang didapat oleh peserta didik sudah menunjukkan bahwa boarding school memiliki peran yang baik untuk membentuk perilaku peserta didik khususnya yang mengikuti program boarding school. date: 2017-05-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MIFTAKHUL KHASANAH, NIM. 13410051 (2017) PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK BOARDING SCHOOL DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26745/2/13410051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26745/1/13410051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf