%0 Thesis %9 Skripsi %A RIZKI NUR TRI RAHAYU, NIM. 13410152 %B FAKULTAS ILMU TARBIHYAH DAN KEGURUAN %D 2017 %F digilib:26779 %I UIN Sunan Kalijaga %K Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Latar Belakang Pendidikan %P 132 %T STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26779/ %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah saat ini masih banyak dijumpai anak yang masuk ke jenjang sekolah menengah pertama masih belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini menjadi suatu keprihatinan bahwa seusia mereka yang tengah menginjak masa remaja, di mana membaca Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam ini dirasa kurang begitu diperhatikan sejak mereka kecil. Secara teoritik, bisa dikatakan bahwa siswa lulusan MI mempunyai kemampuan membaca Al-Qur’an yang lebih baik bila dibandingkan dengan siswa lulusan SD karena alokasi waktu pelajaran Agama Islam yang lebih banyak. Akan tetapi, di MTs Negeri 1 Yogyakarta terdapat banyak siswa lulusan SD yang memiliki kemampuan yang baik dalam membaca Al-Qur’an. Begitu pun sebaliknya, banyak juga siswa lulusan MI yang belum baik dalam membaca Al- Qur’an. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor dan tidak selalu menjamin bahwa siswa lulusan MI memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang lebih baik dibandingkan siswa lulus SD. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang datanya dideskripsikan dalam bentuk angka-angka dan dihasilkan melalui perhitungan dengan rumus statistik. Penulis menggunakan jenis penelitian ini dikarenakan ingin membandingkan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan MI dengan siswa lulusan SD di kelas VII MTs Negeri 1 Yogyakarta. Hasil penelitian dengan menggunakan Independent-Samples T Test menunjukkan bahwa nilai p (p-value) atau sig. (2-tailed) sebesar 0,010 yang berarti lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak. Hasil t observasi (to) sebesar 2,692 yang dikonsultasikan dengan t tabel (tt) 5% sebesar 2,011 dan t tabel (tt) 1% sebesar 2,682 menunjukkan bahwa to lebih besar dari pada tt baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%, maka dalam penelitian ini Ho ditolak. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI memiliki rata-rata nilai tes sebesar 83,92 dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD memiliki rata-rata nilai tes sebesar 76,48. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an yang signifikan antara siswa lulusan MI dengan siswa lulusan SD. %Z Drs. Mujahid, M.Ag.,