eprintid: 26779 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/67/79 datestamp: 2017-07-24 03:24:33 lastmod: 2017-07-24 03:24:33 status_changed: 2017-07-24 03:24:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIZKI NUR TRI RAHAYU, NIM. 13410152 title: STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Latar Belakang Pendidikan note: Drs. Mujahid, M.Ag., abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah saat ini masih banyak dijumpai anak yang masuk ke jenjang sekolah menengah pertama masih belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini menjadi suatu keprihatinan bahwa seusia mereka yang tengah menginjak masa remaja, di mana membaca Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam ini dirasa kurang begitu diperhatikan sejak mereka kecil. Secara teoritik, bisa dikatakan bahwa siswa lulusan MI mempunyai kemampuan membaca Al-Qur’an yang lebih baik bila dibandingkan dengan siswa lulusan SD karena alokasi waktu pelajaran Agama Islam yang lebih banyak. Akan tetapi, di MTs Negeri 1 Yogyakarta terdapat banyak siswa lulusan SD yang memiliki kemampuan yang baik dalam membaca Al-Qur’an. Begitu pun sebaliknya, banyak juga siswa lulusan MI yang belum baik dalam membaca Al- Qur’an. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor dan tidak selalu menjamin bahwa siswa lulusan MI memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang lebih baik dibandingkan siswa lulus SD. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang datanya dideskripsikan dalam bentuk angka-angka dan dihasilkan melalui perhitungan dengan rumus statistik. Penulis menggunakan jenis penelitian ini dikarenakan ingin membandingkan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan MI dengan siswa lulusan SD di kelas VII MTs Negeri 1 Yogyakarta. Hasil penelitian dengan menggunakan Independent-Samples T Test menunjukkan bahwa nilai p (p-value) atau sig. (2-tailed) sebesar 0,010 yang berarti lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak. Hasil t observasi (to) sebesar 2,692 yang dikonsultasikan dengan t tabel (tt) 5% sebesar 2,011 dan t tabel (tt) 1% sebesar 2,682 menunjukkan bahwa to lebih besar dari pada tt baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%, maka dalam penelitian ini Ho ditolak. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI memiliki rata-rata nilai tes sebesar 83,92 dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD memiliki rata-rata nilai tes sebesar 76,48. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an yang signifikan antara siswa lulusan MI dengan siswa lulusan SD. date: 2017-05-31 date_type: published pages: 132 institution: UIN Sunan Kalijaga department: FAKULTAS ILMU TARBIHYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RIZKI NUR TRI RAHAYU, NIM. 13410152 (2017) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26779/1/13410152_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26779/2/13410152_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf