%A Andi Prastowo %T PERBAIKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGACU KURIKULUM 2013 %X Persoalan besar bangsa Indonesia dari mulai tingginya angka kemiskinan dan pengangguran, rendahnya daya saing sumber daya manusia, dan tingginya angka persepsi korupsi di Indonesia merupakan tantangan pendidikan nasional. Kondisi tersebut sesungguhnya merupakan manifestasi dari rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Untuk itu, perbaikan pendidikan nasional perlu dilakukan secara komprehensif dan sistematis yang mampu mendorong tercapainya konsisi equity, equality, dan quality, serta pendidikan sebagai sarana mobilitas sosial bukan reproduksi sosial. Hal tersebut terutama dimulai dari perbaikan proses pembelajaran. Perubahan Kurikulum 2013 menemukan relevansinya sebagai salah satu solusi untuk mengatasi berbagai tantangan pendidikan nasional melalui perbaikan mutu proses. Untuk keberhasilan proses tersebut, pengembangan bahan ajar yang disusun sesuai prosedur umum dan prosedur khusus yang mengacu Kurikulum 2013 menjadi suatu keharusan. %K pendidikan, kurikulum %P 1-15 %D 2016 %C Surabaya, Indonesia %L digilib26794