@phdthesis{digilib26795, month = {May}, title = {PEMBINAAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 14130022 Musripah}, year = {2017}, note = {Ibu Syifaun Nafisah, S.T., M.T.}, keywords = {minat baca}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26795/}, abstract = {Perpustakaan merupakan sebuah lembaga yang memiliki peran penting dalam meningkatkan ilmu pengetahuan. Menurut Sudarsana dan Bastiano (2010:1.6), perpustakaan merupakan suatu tempat untuk mengumpulkan, memilih, menyimpan, memelihara serta menyebarluaskan semua ilmu pengetahuan manusia baik yang tercetak maupun tidak tercetak dan tidak lagi terbatas pada buku saja melainkan mencakup juga rekaman dan cetakan lainnya yang bukan buku. Keberadaaan perpustakaan di lembaga pendidikan tentunya diperlukan, terutama di lembaga sekolah. Hal ini dikarenakan, perpustakaan merupakan sebuah tempat yang didalamnya terdapat banyak informasi serta ilmu yang bermanfaat bagi semua orang. Perpustakaan yang terdapat dalam sekolah dinamakan perpustakaan sekolah. Dari beberapa pemaparan pembahasan diatas penulis dapat mengambil simpulan sebagai berikut: 1. Kegiatan atau upaya yang dilakukan oleh perpustakaan SD INTIS School Yogyakarta dalam membina minat baca siswa yaitu dengan mengadakan User Education (pendidikan pemakai), pengadaan koleksi baru, promosi buku baru, mading, pemberian reward kepada bintang perpustakaan, mengoptimalkan pelayanan dan bekerjasama dengan guru wali kelas. 2. Faktor pendukung pembinaan minat baca di perpustakaan SD INTIS School Yogyakarta yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal. motivasi internal adalah adanya kebutuhan, adanya aspirasi atau citacita, adanya keinginan siswa yang kuat untuk mengetahui tentang suatu cerita yang populer dan terbaru dan letak perpustakaan yang strategis} }