%0 Thesis %9 Skripsi %A LATIFAH IRMAYANTI, NIM. 11600007 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2017 %F digilib:26799 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Analisis, Kesulitan Belajar, Bangun Ruang Kubus dan Balok. %P 250 %T ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA KUBUS DAN BALOK %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26799/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi bangun ruang kubus dan balok. Jenis kesulitan yang akan dideskripsikan berkaitan dengan kesulitan siswa dalam memahami dan menggunakan konsep dan prinsip bangun ruang kubus dan balok serta kesulitan memecahkan masalah verbal bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif-kualitatif. Desain penelitian kualitatif ini mengacu pada Moleong (2007) yang meliputi: 1) tahap pra lapangan berupa menyusun rancangan penelitian, memilih lapangan, mengurus perizinan dan menyusun instrumen penelitian; 2) tahap penelitian pemberian tes diagnostik dan wawancara; 3) tahap analisis data, yaitu mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Yogyakarta pada tahun pelajaran 2015/ 2016 pada kelas VIII B. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes diagnostik dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis-jenis kesulitan siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Yogyakarta pada bangun ruang kubus dan balok adalah sebagai berikut: 1) mengalami kesulitan penggunaan konsep bangun ruang kubus dan balok sebanyak 76%; 2) mengalami kesulitan penggunaan prinsip bangun ruang kubus dan balok sebanyak 94%; 3) mengalami kesulitan memecahkan masalah verbal bangun ruang kubus dan balok sebanyak 97%; 4) tidak mengalami kesulitan sebanyak 0,03%. Jenis kesulitan tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan kesulitan belajar. %Z Suparni, M.Pd