TY - THES N1 - Suparni, M.Pd. ID - digilib26802 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26802/ A1 - RODLITA ?AISYIYATANA, NIM. 12600040 Y1 - 2017/03/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model cooperative script dilengkapi metode resitasi dibandingkan penggunaan pembelajaran konvensional terhadap karakter tanggung jawab siswa, dan mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model cooperative script dilengkapi metode resitasi dibandingkan penggunaan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan non equivalent group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan siswa kelas VIII E. Teknik pengumpulan data menggunakan preangket dan postangket karakter tanggung jawab serta menggunakan pretest dan posttest hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pembelajaran dengan menggunakan model cooperative script dilengkapi metode resitasi tidak lebih berpengaruh dibandingkan penggunaan pembelajaran konvensional terhadap karakter tanggung jawab siswa dilihat dari nilai sig. pada uji t, yaitu 0,081>0,05. Pembelajaran dengan menggunakan model cooperative script dilengkapi metode resitasi lebih berpengaruh dibandingkan penggunaan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, berdasarkan nilai sig. pada uji Mann-Whitney, yaitu 0,000<0,05. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - model cooperative script KW - metode resitasi KW - karakter tanggung jawab KW - hasil belajar siswa. M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DILENGKAPI METODE RESITASI TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA AV - restricted EP - 301 ER -