@phdthesis{digilib26876, month = {May}, title = {PROBLEMATIKA GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN SESUAI KURIKULUM 2013 DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12410192 AMBARWATI}, year = {2017}, note = {Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd}, keywords = {Problematika Guru, Penilaian Aspek Keterampilan, Kurikulum 2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26876/}, abstract = {AMBARWATI. Problematika Guru PAI dalam melaksanakan Penilaian Aspek Keterampilan Sesuai Kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Skrispsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah Implementasi Penilaian aspek keterampilan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di sekolah belum mencapai hasil yang maksimal yaitu karena pelaksanaan aspek keterampilan PAI dan Budi Pekerti di sekolah cenderung di abaikan. Dan terdapat pula guru mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang masih memiliki kegundahan yang dirasakan pada saat penilaian aspek keterampilan. Seperti administrasi pada bagian perencanaan penilaian dan terdapat pula masalah pada saat pelaksanaan penilaian aspek keterampilan berlangsung Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang mengambil tempat di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses penilaian aspek keterampilan yang dilaksanakan Guru PAI dan Budi Pekerti di SMK Negeri 2 Depok sleman dapat dikatakan cukup baik sesuai dengan Permendikbud yang berlaku. (2) Problematika yang dihadapi guru PAI dan Budi Pekerti dalam pelaksanaan penialain aspek keterampilan yaitu administrasi perencanaan penilaian pada instrumen penilaian aspek keterampilan mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dan masalah waktu yang sudah sering terjadi hingga saat ini dalam pelaksanaan penilaian aspek keterampilan (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi problem yaitu terutama untuk masalah pada waktu, guru dapat berinovasi untuk melanjutkan penilaian pada waktu lain pada saat waktu bebas, guru mengikuti pelatihan untuk menjadi lebih lebih faham dan mendalami penilaiaan kurikulum 2013 terutama pada perencanaan penilaian aspek keterampilan dan sekolah melaksanakan pendampingan monitoring terhadap guru secara rutin} }