eprintid: 2690 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/26/90 datestamp: 2012-08-09 09:59:50 lastmod: 2017-04-03 01:33:17 status_changed: 2012-05-04 16:43:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ABDULLAH FAHRI NIM. 03420243, title: IMPLIKASI PENGUASAAN NAHWU-SHOROF SISWA TERHADAP PEMAHAMAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1 ispublished: pub subjects: B divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Implikasi, Penguasaan, Nahwu Shorof, Siswa, Pemahaman, Bahasa Arab note: Pembimbing : Drs. Maksudin, M.Ag abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implikasi penguasaan nahwu dan shorof siswa terhadap pemahaman bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta 1, serta mengetahui secara jelas siswa yang menguasai dasar-dasar ilmu nahwu dan shorof apakah mereka lebih mudah dalam memahami mata pelajaran bahasa Arab ataukah sebaliknya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu seorang guru bahasa Arab dalam memperoleh wawasan baru tentang model pembelajaran yang bisa digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dengan penguasaan ilmu nahwu shorof. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data siswa kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta 1 sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan kuesioner (angket). Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siswa dalam penguasaan dasar-dasar ilmu nahwu-shorof sebesar 6.58 atau masuk dalam kategori cukup, sedangkan siswa yang mengetahui dasar-dasar ilmu nahwu dan shorof sebanyak 55,6%, tidak mengetahui sebanyak 27,8 %, dan ragu-ragu sebanyak 16,6%, sedangkan siswa yang menjawab ilmu nahwu dan shorof sangat membantu dalam memahami pelajaran bahasa Arab sebanyak 69,4%, cukup membantu 22,2%, dan siswa yang menjawab ilmu nahwu dan shorof tidak bisa membantu dalam memahami pelajaran bahasa Arab sebanyak 8,4%. Dari hasil pengamatan penulis dan wawancara dengan guru bahasa Arab sebagian besar siswa mengetahui dasar-dasar ilmu nahwu-shorof, dan dari hasil tes dasar penguasaan dasar-dasar nahwu-shorof nilai rata-rata siswa kelas VIII A adalah 6.58 masuk dalam kategori cukup, sedangkan angket yang disebarkan kepada siswa menunjukkan mayoritas siswa menjawab ilmu nahwu-shorof sangat membantu dalam memahami pelajaran bahasa Arab. Berarti ada implikasi siswa yang menguasai dan mengetahui dasar-dasar ilmu nahwu-shorof akan mudah dalam memahami pelajaran bahasa Arab. Walaupun masih ada kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam belajar bahasa Arab, namun dari permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam belajar bahasa Arab, seorang guru hendaknya di tuntut mampu untuk memberikan solusi yang tepat sehingga dapat mengurangi atau mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa ketika belajar bahasa Arab. date: 2009-06-22 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-06-22 11:37:57 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--abdullahfa-2391-1-abdullah-b.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/48/digilib-uinsuka--abdullahfa-2391-1-abdullah-b.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2779 ; nama file lama : ABDULLAH FAHRI 03420243 IMPLIKASI PENGUASAAN NAHWU-SHOROF SISWA TERHADAP PEMAHAMAN BAHASA ARAB.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1036850 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ABDULLAH FAHRI NIM. 03420243, (2009) IMPLIKASI PENGUASAAN NAHWU-SHOROF SISWA TERHADAP PEMAHAMAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2690/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2690/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf