TY - THES N1 - Dr. Sangkot Sirait, M.Ag ID - digilib26907 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26907/ A1 - DYAH PUTRI MUSYAROFAH, NIM. 13410004 Y1 - 2017/05/30/ N2 - DYAH PUTRI MUSYAROFAH. Pendidikan Aqidah Melalui Pendekatan Sains (Telaah Buku Kerajaan Al-Qur?an Karya Hudzaifah Ismail). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar Belakang penelitian ini adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang di abad 20 tidak serta merta di imbangi dengan meningkatnya keimanan seseorang. Faktanya, banyak dikalangan manusia yang berpendidikan tetapi tidak dengan aqidah dan akhlak yang baik pula. Pendidikan aqidah merupakan hal mendasar yang harus ditanamkan dalam diri seorang muslim semenjak dini. Pendidikan aqidah yang biasanya di ajarkan bersifat monoton dan tekstual akan di integrasikan dengan sains atau ilmu pengetahuan untuk meningkatkan keimanan seseorang melalui bukti-bukti nyata yang telah Allah perlihatkan pada alam semesta ini melalui temuan-temuan sains yang semenjak dulu telah dibahas dalam al-Qur?an dan kemudian terbukti kebenarannya. Pendidikan aqidah yang diintegrasikan dengan sains atau kumpulan ilmu pengetahuan diharapkan akan menambah keimanan seseorang terutama anak atau peserta didik dan menjadi pelajaran pendidikan aqidah yang menyenangkan karena tidak hanya berpaku pada teks. Penelitian ini merupakan penelitian library research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpulkan data yang relevan pada buku, majalah, dan berita yang membahas tentang materi yang berkaitan dengan masalah tersebut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan memberikan ulasan atau interpretasi terhadap data yang diperoleh sehingga menjadi jelas dan bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan Aqidah Melalui Pendekatan Sains dalam Buku Kerajaan Al-Qur?an Karya Hudzaifah Ismail dijelaskan dengan penjelasan ayat dari para muffasir disertai penjelasan sains sebagai penguat dan bukti kebenarannya, dalam buku Kerajaan al-Qur?an memuat materi pendidikan aqidah berupa materi Al Illahiyat, An Nubuwwat, Ar Ruhaniyyat dan As Sam?iyyat. (2) langkah-langkah Hudzaifah Ismail dalam mengajarkan aqidah dalam bukunya Kerajaan Al-Qur?an melalui pendekatan sains adalah dengan membawa pembaca untuk berfikir kritis mengenai alam semesta ini melalui pengkolaborasian antara ayat-ayat qouliyah dan ayat-ayat kauniyah. Metode yang digunakan Hudzaifah Ismail dalam bukunya adalah metode demonstrasi, metode tanya jawab, dan metode cerita. Media yang digunakan Hudzaifah Ismail dalam mengajarkan pendidikan aqidah melalui pendekatan sains dalam bukunya adalah media yang bersifat benda seperti media tulis dan media deskripsi visual, dan media yang bersifat bukan berupa benda seperti keteladanan, perintah dan larangan serta berfikir kritis. (3) Proses penanaman nilai-nilai aqidah yang ada dalam buku Kerajaan Al-Qur?an karya Hudzaifah Ismail adalah dengan menjelaskan makna ayat dari berbagai mufassir, penjelasan nahwu sharaf untuk memperjelas mkna per kata dan mengaitkannya dengan bukti-bukti atau penjelasan sains modern kemudian memberikan beberapa kisah-kisah teladan dari para Nabi dan Rasul, sahabat, tabiin dan para alim ulama. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - library research M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN AQIDAH MELALUI PENDEKATAN SAINS (TELAAH BUKU KERAJAAN AL-QUR?AN KARYA HUDZAIFAH ISMAIL) AV - restricted ER -