eprintid: 2691 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/26/91 datestamp: 2012-08-08 14:32:05 lastmod: 2017-04-03 01:28:49 status_changed: 2012-05-04 16:43:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ardian Miftahul Huda NIM. 0342 0296, title: EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL 'ULUM JOMBANG ispublished: pub subjects: B divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Laboratorium, Bahasa Arab, Meningkatkan, Hasil Belajar note: Pembimbing : Drs. Ahmad Rodli, M.Pd abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan laboratorium bahasa di kelas X Madrasah Aliyah Unggulan Darul 'Ulum Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didukung dengan angka-angka statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: i Pertama /i , pemilihan laboratorium bahasa di laboratorium bahasa di Madrasah Aliyah Unggulan Darul 'Ulum Jombang tanpa melalui proses evaluasi atau prosedur pemilihan media seperti yang di ungkapkan oleh Dr. Arief Sadiman, M.Sc. dkk. dalam bukunya Media Pendidikan karena keberadaan laboratorium bahasa di Madrasah Aliyah Unggulan Darul 'Ulum Jombang merupakan bantuan dari Islamic Developmen Bank (IDB). Proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Unggulan Jombang terbilang cukup lancar dengan menggunakan sistem operasional berbasis komputer, siswa dapat melaksanakan instruksi dari guru. i Kedua /i , penguasaan guru bahasa Arab terhadap laboratorium bahasa di Madrasah Aliyah Unggulan Darul 'Ulum Jombang masih kurang karena guru bahasa Arab masih beradaptasi dari laboratorium bahasa yang lama ke laboratorium bahasa yang baru. Usaha madrasah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengoperasikan laboratorium bahasa terbentur oleh kesibukan guru di luar madrasah sehingga sampai saat laboratorium bahasa siap digunakan, guru belum bisa mengoperasikannya. Strategi madrasah dalam mengatasi permasalah tersebut yaitu dengan menyertakan tenaga ahli atau teknisi selama pembelajaran bahasa Arab di laboratorium bahasa. Strategi madrasah untuk menutup kelemahan tersebut sangat tepat karena dapat memberikan hasil positif terhadap hasil belajar siswa dari aspek mendengar (Al-Istima’) dan berbicara (Al-Kalam). Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan meningkatnya nilai ujian UTS di banding dengan nilai UHT (Ujian Harian Terpadu) dimana UHT dilaksanakan sebelum siswa menggunakan laboratorium bahasa. date: 2009-06-22 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-06-22 11:44:21 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ardianmift-2392-1-ardianm-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/48/digilib-uinsuka--ardianmift-2392-1-ardianm-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2780 ; nama file lama : ARDIAN MIFTAHUL HUDA 03420296 EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH UN ; format file : application/pdf ; besar file : 2945097 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Ardian Miftahul Huda NIM. 0342 0296, (2009) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL 'ULUM JOMBANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2691/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2691/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf