%A NIM. 13410078 TSALIS NURUL ‘AZIZAH %O Drs. Mujahid, M.Ag, %T PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS PEMBIASAAN DAN KETELADANAN DI SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pengaruh negatif dari arus globalisasi yang membuat merosotnya karakter religius pada manusia. Hal tersebut dapat dilihat dengan masih banyaknya perilaku-perilaku negatif yang dilakukan oleh para pelajar. Dalam hal ini, pembentukan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan berperan besar dalam mewujudkan sebuah revolusi moral dan spiritual dalam dunia pendidikan dan menyodorkan kepada semua umat muslim yang beriman bagaimana seharusnya bertindak dan bersikap agar tidak terjerumus pada perbuatan-perbuatan negatif yang sangat memprihatinkan. Dari alasan di atas, peneliti tertarik meneliti pembentukan karakter religius berbasis pembiasaan dan keteladanan di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini, pertama, untuk mengetahui macammacam karakter religius di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim. Kedua, untuk mengetahui pembentukan karakter religius peserta didik berbasis pembiasaan di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Ketiga, untuk mengetahui karakter religius peserta didik berbasis keteladanan di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Keempat, untuk mengetahui keberhasilan dari pembentukan karakter religius berbasis pembiasaan dan keteladanan di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 14 macam karakter religius yang terbentuk di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim. Kemudian pembentukan karakter religius berbasis pembiasaan dan keteladanan di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta dilakukan dengan berbagai kegiatan baik di sekolah maupun di asrama. (1) pembiasaan rutin di sekolah dan pembiasaan rutin di asrama/pondok, (2) pembiasaan terkondisikan. Bentuk implementasi pembentukan karakter religius peserta didik berbasis keteladanan di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim terbagi menjadi dua yaitu keteladanan disengaja dan keteladanan tidak disengaja. Dan Keberhasilan pembentukan karakter religius berbasis pembiasaan dan keteladanan di SMA Sains Al-Qur’an, telah berhasil membentuk karakter peserta didik yang religius yakni kedisiplinan, rajin mengaji, menghormati orang lain, meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah, dan mentaati peraturan sekolah. %K Pembentukan Karakter Religius, Pembiasaan, dan Keteladanan %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib26920