eprintid: 26942 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/69/42 datestamp: 2017-07-27 07:51:50 lastmod: 2017-07-31 07:45:46 status_changed: 2017-07-27 07:51:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MULAT WAHYANTI, NIM. 13410136 title: UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYIKAPI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Upaya guru PAI, gadget, siswa note: Dr. Sukiman, M.Pd. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa SMA Negeri 1 Pleret Bantul merupakan sekolah model IMTAQ yang melaksanakan program peningkatan iman dan taqwa yang diwujudkan dengan program keagamaan yang menjadi prioritas dari seluruh kegiatan di sekolah untuk meminimalisir dampak perilaku yang menyimpang akibat penggunaan gadget, namun pada kenyataannya dengan sekolah model IMTAQ, masih ada beberapa perilaku yang terindikasi dari dampak penggunaan gadget seperti saat pembelajaran berlangsung masih ada siswa yang asyik bermain gadget, siswi upload foto dan juga status dengan katakata yang kurang pantas di sosial media, dan juga berbicara dengan guru layaknya seperti dengan teman sendiri, sehingga membutuhkan upaya dari guru Pendidikan Agama Islam dalam menyikapi dampak penggunaan gadget pada siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana dampak dari penggunaan gadget pada siswa, dan bagaimana upaya guru PAI dalam menyikapi dampak penggunaan gadget pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak positif maupun negatif dari penggunaan gadget pada siswa dan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menyikapi dampak penggunaan gadget pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan mengumpulan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian: (1) Penggunaan gadget pada siswa mempunyai dampak positif: menambah wawasan/pengetahuan, memudahkan komunikasi, memudahkan mencari materi pelajaran, dan media hiburan. Sedangkan dampak negatif dari penggunaan gadget diantaranya: anti-sosial, kurang memperhatikan pelajaran di kelas, lupa waktu, dapat mengakses konten negatif, dan adanya perilaku konsumtif. (2) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam menyikapi dampak penggunaan gadget pada siswa adalah: memberikan pendampingan, memberikan teguran, menyita gadget, dan Mengikutsertakan siswa dalam kegiatan keagamaan , sedangkan upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menyikapi dampak penggunaan gadget adalah: dipanggil oleh guru BK, memanggil orang tua ke sekolah dan memberi skors. date: 2017-05-17 date_type: published pages: 163 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MULAT WAHYANTI, NIM. 13410136 (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYIKAPI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26942/1/13410136_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%282%29.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26942/2/13410136_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%20%282%29.pdf