eprintid: 26948 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/69/48 datestamp: 2017-07-27 03:49:15 lastmod: 2017-07-27 03:49:15 status_changed: 2017-07-27 03:49:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR HASANAH, NIM. 13410210 title: EFEKTIVITAS METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN SDIT LHI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Kauny Quantum Memory, Menghafal Al-Qur’an note: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, M.A., abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sekarang banyak lembaga-lembaga pendidikan yang mempunyai program taḥfiẓ Al-Qur’an. Namun, karena pendekatan dan metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an kurang tepat membuat siswa bosan dalam menghafal Al-Qur’an. Rumah Qur’an SDIT LHI Yogyakarta menyediakan ekstrakurikuler taḥfiẓ dengan metode unik dan fun learning. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan metode Kauny Quantum Memory, bagaimana efektivitas metode Kauny Quantum Memory dan apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode Kauny Quantum Memory dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan metode Kauny Quantum Memory, efektivitas metode Kauny Quantum Memory serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Rumah Qur’an SDIT LHI. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kemudian diverifikasi lalu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan metode Kauny Quantum Memory menggunakan beberapa teknik, diantaranya: baby reading (talaqqi), gerakan, kisah, dan berpikir positif (positive thinking). Kegiatan taḥfiẓ metode Kauny meliputi pembukaan, doa, muroja’ah 1, ziyadah, penilaian, muroja’ah 2, dan doa penutup. (2) Ekstrakurikuler taḥfiẓ di Rumah Qur’an sudah berjalan efektif, baik dilihat dari proses maupun hasil hafalannya. Nilai rata-rata hafalan siswa menunjukkan bahwa hampir semua siswa dapat menguasai 75% materi yang disampaikan. (3) Ada beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode Kauny Quantum Memory di Rumah Qur’an. Faktor pendukung meliputi: faktor usia siswa, minat dan motivasi siswa, dukungan orang tua, cara mengajar ustaż/ustażah, pembagian kelompok, dan fasilitas (sarana dan prasarana yang memadai). Faktor penghambat meliputi: waktu ekstra date: 2017-05-22 date_type: published pages: 161 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Dakwah dan Komunikasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR HASANAH, NIM. 13410210 (2017) EFEKTIVITAS METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN SDIT LHI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26948/1/13410210_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26948/2/13410210_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf