relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2696/ title: PEMBINAAN AKHLAK SISWA MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA creator: UMMI HABIBAH NIM: 0440676, subject: Pendidikan Agama Islam description: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam tentang proses pembinaan akhlak di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, mengetahui metode-metode yang digunakan, serta mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan antropologis dan metode penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskri[tif analitik, yaitu memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak siswa Madrasah Aliyah Ali Maksum adalah: metode ceramah, metode ibrah (perenungan/tafakur), metode Tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, metode keteladanan. (2) Pelaksanaan pembinaan akhlak di Madrasah Aliyah Ali Maksum sudah berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan, hal ini bisa dilihat dari tingkah laku keseharian siswa, seperti dalam hal berbicara, baik dengan guru, teman, maupun masyarakat sekitar, sopan santun, kemudian dari cara berpakaian yang terlihat sopan mencerminkan santri, baik di dalam asrama maupun di luar asrama. (3) Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa Madrasah Aliyah Ali Maksum adalah: a) adanya kerjasama antara pihak madrasah dengan pihak asrama, baik itu pengasuh maupun pembimbing, adanya kerja sama dengan semua guru mata pelajaran dan para wali kelas mengenai informasi tentang keadaan siswa, b) siswa berada di lingkungan pesantren, jadi keadaan siswa bias lebih terkontrol, c) diadakannya buku-buku paket di perpustakaan sehingga memudahkan siswa memperoleh buku dengan meminjam. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan akhlak siswa Madrasah Aliyah Ali Maksum adalah: 1) siswa berada di dalam asrama yang tentunya tinggal dengan teman-teman sebaya yang mempunyai tingkat ego yang sama sehingga terkadang sering timbul konflik, 2) BK tidak mempunyai waktu klasikal yang tetap, 3) pergaulan siswa di luar jam pelajaran dengan lingkungan luar yang terkadang membawa ke arah yang negatif, 4) ketika di dalam kelas terkadang tidak semua siswa mendengarkan pelajaran. date: 2009-06-22 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2696/1/BAB%20I%2CV.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2696/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2696/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2696/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2696/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2696/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2696/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2696/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2696/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2696/10/small.jpg identifier: UMMI HABIBAH NIM: 0440676, (2009) PEMBINAAN AKHLAK SISWA MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.