%0 Thesis %9 Skripsi %A WIDIA RISKA WAHYUNI, NIM. 13490068 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2017 %F digilib:26961 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Wirausaha, Keterampilan, Tauhid %P 184 %T PERAN SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN WIRAUSAHA BERBASIS TAUHID DI SD ENTREPRENEUR MUSLIM ALIF-A PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26961/ %X Latar belakang penelitian ini adalah Krisisnya tingkat pengangguran pada pendidikan, kurangnya kemampuan SDM dalam mengelola kekayaan Indonesia dan pengelolaan yang kurang amanah. Dilihat dari permasalahan ini pentingnya para pendidik mempunyai semangat tinggi untuk membuat konsep pendidikan yang berkarakter entrepreneur berbasis tauhid dengan meneladani keteladanan Rasulullah SAW merupakan cara menyiapkan peserta didik menjadi pribadi yang unggul dan bermental pengusaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan cara yang dilakukan oleh sekolah dalam menanamkan karakter wirausaha berbasis tauhid agar mampu membantu peserta didik mendapatkan pengetahuan tentang berwirausaha sejak dini sekagus membantu membangun kualitas SDI yang amanah dan berintegrasi tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Entrepreneur Muslim ALIF-A Piyungan Bantul Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data. Adapun analisis datanya menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Tujuan penelitian data ini adalah untuk menyusun dan mendapatkan data yang mudah difahami agar dapat diinformasikan kepada orang lain. Hasil penelitian ini, pertama, peran sekolah dalam pembentukan keterampilan wirausaha peserta didik ditunjukkan dengan kegiatan-kegiatan di sekolah untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, membantu peserta didik dalam membentuk kepribadian yang berkarakter, dan mampu berinteraksi terhadap lingkungannya yang diseimbangkan melalui pembelajaran tematik terpadu dengan cara melibatkan peserta didik harus aktif dan mengusahakan peserta didik mengenal dan menerima nilai-nilai kewirausahaan dalam mengembangkan kemampuan peserta didik untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kedua, Dalam pembentukan karakter entrepreneur, sekolah mempunyai enam prinsip dasar dalam pembentukannya, edukatif, efektif, strategis, empirik, leadership, dan produktif melalui tiga zona pembelajaran, yaitu spiritual zone, learning zone, dan entrepreneur zone yang dilakukan berdasarkan karakter dari setiap program.Ketiga, hasil pembentukannya dilihat dari munculnya sikap mandiri, tawakkal, kreatif, inovatif, percaya diri, disiplin, mempunyai rasa tanggungjawab dan bertoleransi terhadap sesama. %Z Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.