@phdthesis{digilib26971, month = {May}, title = {{\d S}IFAT MAU{\d S}UF DALAM KITAB AL-AKHL{\=A}Q LI AL-BAN{\=I}N DAN METODE PEMBELAJARANNYA}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 12420058 AHMAD SAEPUL MALIK}, year = {2017}, note = {Dr. H. Maksudin M.Ag, selaku}, keywords = {Sintaksis, Ilmu Nahwu, {\d S}ifat dan Mau{\d s}uf, metode pengajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26971/}, abstract = {Selain ilmu shorof, Ilmu nahwu merupakan salah satu ilmu yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Arab. Sebagaimana dikatakan Ilmu shorof merupakan bapaknya ilmu dan ilmu nahwu bapanya.Ilmu nahwu mempelajari kaidah-kaidah bahasa Arab dalam menyusun kalimat dan cara membaca akhir kata dalam kalimat yang dikenal dengan istilah i?rab. Salah satu pembahasan ilmu nahwu adalah {\d S}ifat (na?at) dan Mau{\d s}uf (man?ut). Pada penelitian ini peneliti akan membahas {\d S}ifat dan mau{\d s}uf yang terdapat pada kitab Al-Akhl{\=a}q Li Al-Ban{\=i}n Juz 1 karya ?Umar Bin Ah?mad B{\=a}raj{\=a} dan metode pembelajarannya. Rumusan masalah terdiri dari (1) Bagaimana susunan penulisan {\d S}ifat dan Mau{\d s}uf dalam kitab Al-Akhl{\=a}q Li Al-Ban{\=i}n Juz 1 karya ?Umar Bin Ah?mad B{\=a}raj{\=a}, (2) Bagaimana metode pembelajaran {\d S}ifat dan Mau{\d s}uf dalam kitab Al-Akhl{\=a}q Li Al-Ban{\=i}n Juz 1 karya ?Umar Bin Ah?mad B{\=a}raj{\=a}. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan sumber data adalah kitab Al-Akhl{\=a}q Li Al-Ban{\=i}n Juz 1 karya ?Umar Bin Ah?mad B{\=a}raj{\=a}. Data penelitian ini adalah {\d S}ifat dan Mau{\d s}uf yang terdapat pada kitab Al-Akhl{\=a}q Li Al-Ban{\=i}n Juz 1 karya ?Umar Bin Ah?mad B{\=a}raj{\=a}. Metode penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan 106 data {\d S}ifat dan mau{\d s}uf dari kitab Al- Akhl{\=a}q Li Al-Ban{\=i}n Juz 1 karya ?Umar Bin Ah?mad B{\=a}raj{\=a} yang kemudian di analisis dari segi sintaksis, data tersebut terdiri dari na?at haqiqi yang terbentuk dari na?at mufrad, na?at jumlah, na?at {\d s}ib{\d h}i jumlah. Dan {\d S}ifat mau{\d s}uf yang terbentuk dari mufrad, tasniyyah, jamak, Mu{\.z}akar, mu?anats, ma?rifat dan nakirah. Adapun metode yang dapat digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.} }