<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \r\n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah)"^^ . "Tafsir bi al-ma’sur merupakan bentuk awal penafsiran yang disampaikan\r\nlangsung oleh Nabi Saw dan merupakan lebih baik-baiknya sebuah penafsiran. Dalam\r\nperkembangannya bentuk penafsiran tersebut mulai jarang digunakan, khususnya di era\r\nmodern-kontemporer. Karena menurut para pengkaji al-Qur’an modern-kontemporer\r\npenafsiran al-Qur’an harus disesuaikan dengan ruang dan waktu atau menggunakan\r\npendekatan-pendekatan modernitas. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji tafsir ‚al-\r\nJawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-\r\nSahihah al-Marfu‘ah‛ karya Abdullah al-Talidi yang mana tafsir tersebut\r\nkemunculannya di era modern-kontemporer. Namun, masih memegang prinsip\r\npenafsiran klasik yang merujuk kepada sumber-sumber tafsir tradisional, yakni\r\nmenafsirkan al-Qur’an dengan menggunakan tafsir bi al-ma’sur yang memfokuskan\r\nterhadap hadis sahih marfuk.\r\nFokus penelitian mengenai pembahasan tafsir ini adalah objek formal (variabel)\r\nberupa epistem yang disebut dengan epistem mitis, yakni sebuah penafsiran yang\r\nkurang memaksimalkan rasio atau diterima apa adanya dengan menganggap penafsiran\r\ntersebut tidak pernah salah dan dipercaya begitu saja dengan tanpa kritik, yang\r\nkemudian objek tersebut di analisis menggunakan metode penelitian data\r\n(documentary research) yang diuraikan secara diskriptif, dan dikupas memakai\r\npendekatan historis, yakni mengkaji seluruh atau sebagian dari asal-usul pemikiran,\r\npendapat, atau karya dari seorang tokoh.\r\nAdapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Pertama, membuktikan\r\nbahwa di era modern-kontemporer ini, masih terdapat tafsir yang menggunakan\r\npendekatan-pendekatan tafsir klasik dengan nalar mitis yang mana mufasir lebih\r\nmemilih dan mengikuti pendapat bahwa setiap ucapan dan perbuatan Nabi Saw adalah\r\nsebagai penjelas atau tafsir terhadap al-Qur’an, yang bersumber pada hadis-hadis yang\r\ndiriwayatkan kitab-kitab tafsir bi al-ma’sur dan induk hadis, semisal hadis tafsir yang\r\ndiriwayatkan Ibnu Jarir, al-Bukhari, Muslim, Ah}mad bin H{ambal, dan lain sebagainya.\r\nKedua, metode penafsiran yang digunakan adalah menggunakan metode bi al-ma’sur,\r\nyakni hanya memilih al-Qur’an ditafsirkan dengan hadis Nabi Saw yang terfokus pada\r\nhadis sahih marfuk, yang menurut klaim mufasir keberadaan cukup banyak. Ketiga,\r\nstandar yang digunakan untuk menilai validitas riwayat tafsir adalah berpedoman pada\r\npendapat-pendapat ulama hadis dan kaidah-kaidah hadis yang telah dirumuskan, yang\r\nmana standar menjadi penilaiannya adalah selain menggunakan kaidah-kaidah ilmu\r\nhadis juga dibuktikan dari apa yang disampaikan Abullah al-Tilidi, yakni hadis dapat\r\ndihukumi marfuk bila didengar dan disaksikan oleh Sahabat, diantarnya seperti asbab\r\nal-nuzul dan hadis-hadis yang bukan dari ijtihad sahabat sendiri dan tidak menukil dari\r\nlisannya orang Arab. Adapun kualitas hadis adakalanya ada yang sahih, hasan, bahkan\r\nada yang da’if, akan tetapi yang berderajat al-Munjabar."^^ . "2017-05-22" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.13530132"^^ . "MASDUKI"^^ . "NIM.13530132 MASDUKI"^^ . . . . . . "TAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \r\n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah) (Text)"^^ . . . "13530132_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "TAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \r\n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah) (Text)"^^ . . . "TAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \r\n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah) (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \r\n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah) (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \r\n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah) (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \r\n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah) (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \r\n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \r\n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \r\n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \r\n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26973 \n\nTAFSIR MITIS DI ERA MODERN-KONTEMPORER \n(Studi Tafsir al-Jawahir wa al-La’ali’u al-Masnu‘ah fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim bi al-Ahadis al-Sahihah al-Marfu‘ah)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .