TY - THES N1 - Drs. Dudung Hamdun, M.Si., ID - digilib26976 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26976/ A1 - ACHMAD BASTOMI, NIM. 12420106 Y1 - 2017/04/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara persepsi peserta didik tentang sikap guru dalam mengajar dengan persepsi peserta didik tentang efektivitas pembelajaran bahasa arab siswa. Diasumsikan terdapat korelasi positif yang signifikan sebagaimana yang dirumuskan dalam hipotesis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas X Farmasi SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun 2016/2017 diambil menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji korelasi sederhana (product moment) dan uji regresi sederhana, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukan: 1) Persepsi peserta didik kelas X Farmasi tentang sikap guru dalam mengajar berada pada kategori baik, yaitu pada kelas interval 77-81 sebesar 25,71%. 2) Persepsi peserta didik tentang efektivitas pembelajaran bahasa arab siswa kelas x Farmasi berada pada kategori baik, yaitu pada kelas interval 78-82 sebesar 25,71%. 3) Terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara persepsi peserta didik tentang sikap guru dalam menagajar dengan persepsi peserta didik tentang efektivitas pembelajaran bahasa arab siswa kelas X Farmasi di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun 2016/2017, hal ini ditunjukan dari hasil penelitian dengan nilai korelasi (rxy 0,917), sumbangan efektif persepsi peserta didik tentang sikap guru dalam mengajar terhadap persepsi peserta didik tentang efektivitas pembelajaran bahasa Arab sebesar 84,1% (R square 0,841). PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Persepsi Siswa KW - Sikap Guru Dalam Mengajar KW - Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab. M1 - skripsi TI - HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG SIKAP GURU DALAM MENGAJAR DENGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X FARMASI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 AV - restricted EP - 169 ER -