<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED)"^^ . "Al-Qur’an seringkali diturunkan dengan latar belakang sosio-historis tertentu.\r\nDalam pemahaman ini, konteks sosio-hostoris wahyu merupakan elemen wahyu yang\r\nfundamental. Hubungan fundamental wahyu tersebut terus berlanjut melalui praktek\r\ndari komunitas-komunitas interpretatif karena tuntutan kondisi yang berbeda. Atas\r\ndasar tersebut, di era kontemporer perlu untuk reinterpretasi produk tafsir agar sesuai\r\ndengan tuntutan kondisi kontemporer, dengan cara menghubungkan masa lalu dan\r\nmasa kini. Untuk menghubungkan masa lalu dan masa kini perlu untuk\r\nmengeksplorasi dua dimensi makna al-Qur’an, yaitu makna historis dan makna\r\nkontemporer.\r\nKasus tersebut dapat ditemukan dalam penafsiran QS. al-Māʼidah: 44-47\r\ndalam hubungannya dengan sistem politik dan ketatanegaraan. Ayat ini turun sebagai\r\nrespon atas problem yang dihadapi Nabi dalam menengahi kasus rajam dan penentuan\r\ndiyat pembunuhan antara bani Nadzir dan bani Quraidzah. Pemahaman ini terus\r\ndibawa oleh komunitas-komunitas interpretatif sampai masa pra-Modern. Namun,\r\npada masa modern, yaitu masa imprealisme dan kolonialisme Barat, ayat ini dijadikan\r\nsebagai legitimasi kafirnya sistem politik Barat, yaitu sistem negara sekuler. Karena\r\ntuntutan situasi dan kondisi kontemporer, sistem negara sekuler justru diminati oleh\r\nnegara-negara yang mayoritas penduduknya adalah Islam, termasuk Indonesia. Dari\r\nsini perlu untuk mengeskplorasi makna historis dan makna kontemporer QS. al-\r\nMāʼidah: 44-47 dalam kaitannya dengan sistem politik dan ketatanegaraan.\r\nUntuk mengeksplorasi kedua makna tersebut digunakanlah pendekatan\r\nkontekstual yang ditawarkan oleh Abdullah Saeed. Berdasarkan pendekatan ini, untuk\r\nmemperoleh makna tersebut, terlebih dahulu diperlukan pemahaman secara\r\nkebahasaan dan melalui pemahaman spekulatif akan masyarakat penerima wahyu dan\r\nkonteks aslinya. Meskipun pemahaman dapat diperoleh melalui kedua petunjuk ini,\r\nnamun berbagai perubahan konteks yang terus menerus membuat makna al-Qur’an\r\nakan terus mencair. Sehingga perlu berurusan dengan makna yang cair ini untuk\r\nmengidentifikasi makna agar bisa terus memandu masyarakat di setiap konteks yang\r\nberubah. Baru kemudian makna tersebut diadaptasikan dengan kondisi kontemporer.\r\nDari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ayat ini terkait dengan situasi\r\nsistem politik jāhiliyyah yang cenderung mengabaikan keadilan dan kesetaraan,\r\ndisebabkan tradisi ‘aṣabiyyah yang mengakar pada masyarakatnya, yang secara\r\nspesifik ditemukan dalam konflik antara bani Quraidzah dan bani Nadzir. Oleh\r\nkarenanya ayat ini tergolong dalam nilai intruksional, yang mungkin bersifat temporal\r\ndan mungkin universal. Berdasarkan pertimbangan frekuensi penyebutan dalam al-\r\nQur’an, penekanan dalam dakwah Nabi, dan relevansinya terhadap dakwah Nabi,\r\ndapat diketahui perintah dalam ayat ini, yaitu berhukum dengan apa yang diturunkan\r\nAllah bersifat temporal, sedangkan makna universal yang menjadi makna historis ayat\r\nini adalah keadilan dan kesetaraan Nabi dalam menengahi konflik masyarakat\r\nMadinah, atau secara khusus konflik antara bani Quraidzah dan bani Nadzir.\r\nKetidakkonsistenan penafsiran dalam konteks penghubung memperkuat sifat temporal\r\nayat ini, dan adanya kemungkinan ditafsirkan secara berbeda dalam konteks\r\nkontemporer. Berdasarkan tuntutan kontemporer, khususnya Indonesia, untuk\r\nmendirikan negara yang mampu menjadi penengah secara adil di antara masyarakat\r\nyang plural dan multikultural, maka negara sekuler dalam artian sekarang, yaitu\r\nnegara netral terhadap agama, maka dapat dikatakan sesuai dengan makna QS. al-\r\nMāʼidah: 44-47."^^ . "2017-05-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13530156"^^ . "NAFISATUL MU’AWWANAH"^^ . "NIM. 13530156 NAFISATUL MU’AWWANAH"^^ . . . . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Text)"^^ . . . "13530156_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Text)"^^ . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "TAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA\r\n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #26977 \n\nTAFSIR KONTEKSTUAL QS. AL-MĀ’IDAH : 44-47 DAN RELEVANSINYA \nTERHADAP SISTEM POLITIK DAN KETATANEGARAAN DI INDONESIA \n(APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .