%0 Thesis %9 Skripsi %A HUSNA MUSTAJABAH, NIM. 13420021 %B FAKULTAS ILMU TARBIHYAH DAN KEGURUAN %D 2017 %F digilib:26982 %I UIN Sunan Kalijaga %K power point, pembelajaran mufradat %P 201 %T EKSPERIMENTASI MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÂT KELAS V SD ISLAM AL AZHAR 31 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26982/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mufradât, untuk mengetahui hasil belajar mufradât dengan menggunakan media power point dan untuk mengetahui signifikansi perbedaan terhadap hasil belajar mufradât pada siswa kelas V SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta. Dengan penelitian ini diharapkan strategi ini dapat memberikan peluang untuk mengekspresikan diri bagi peserta didik dalam pembelajaran mufradât dengan menggunakan media power point. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta analisis diperoleh kesimpulan, sebelum data dianalisis, data harus diuji dengan uji kolmogorov smirnov dan uji analisis varian untuk mengetahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutya data diuji degan uji test “t” dengan sampel berpasangan (paired-samples T test) untuk mengetahui signifikansi pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol serta mengetahui efek atau pengaruh media power point dalam meningkatkan hasil belajar mufradât kelas V SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 sehingga dinyatakan signifikan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran mufradât dengan media power point lebih efektif dari media buku saja dalam membantu meningkatkan hasil pembelajaran mufradât kelas V SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta. Tahun Ajaran 2016/2017 dan ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan media power point dengan pembelajaran mufradât tanpa menggunakan media power point. %Z R. Umi Baroroh, M. Ag