<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS METODE DISKUSI\r\n\r\n\r\nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY\r\n\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah adanya fakta bahwa metode yang\r\ndigunakam dalam pembelajaran Saraf di kelas Imrity yang dilaksanakan di pagi hari yaitu \r\npukul 05:00-06:00 adalah metode diskusi, akan tetapi pada saat pembelajaran berlangsung beberapa \r\nsantri tertidur dan ketika menghadapi ujian semester satu pada akhir bulan November 2016 \r\nbanyak para santri yang kesulitan mengerjakan soal. Oleh karena itu peneliti \r\ntertarik untuk melakukan\r\npenelitian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) proses\r\npembelajaran Saraf menggunakan metode diskusi, 2) keefektivan metode diskusi dalam pembelajaran \r\nSaraf, 3) faktor pendukung dan penghambat metode diskusi di kelas Imrity pondok pesantren \r\nAl-Luqmaniyyah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan jenis desain \r\npenelitian pretest-posttest one grup design. Objek penelitian ini adalah santri kelas Imrity \r\npondok pesantren Al- Luqmaniyyah Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini \r\ndilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, sedangkan teknis analisis \r\ndata yang digunakan yaitu uji paired samples t test.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Saraf di kelas \r\nImrity diawali dengan salam, perkenalan diri dan penyampaian materi secara garis besarnya saja, \r\nkegiatan inti dimulai dengan penjelasan materi dan dilanjutkan dengan tanya jawab dengan \r\npeserta diskusi. Adapun kegiatan akhir diawali dengan pembenaran dan masukan dari ustadz dan \r\ndiakhiri dengan kesimpulan dan salam 2) penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Saraf di \r\nkelas Imrity pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta memberikan pengaruh atau efektif \r\n dengan prosentase proses sebesar 73% dan ketuntasan belajar sebesar 95% yang artinya terdapat \r\npeningkatan hasil belajar santri sebelum menggunakan metode diskusi dan setelah menggunakan \r\nmetode diskusi, 3) Faktor pendukung efektivitas metode diskusi terdiri dari 5 macam, \r\nyaitu: tersedianya waktu yang memadai, santri yang bersemangat di dalam belajar Saraf, \r\nadanya pembentukan kelompok yang mendorong santri untuk bekerjasama, adanya sikap kritis santri \r\nyang menghidupkan jalannya diskusi, kemampuan petugas pemimpin diskusi yang bisa \r\nmengkondisikan audiens. Adapun faktor penghambat dari efektivitas metode diskusi di kelas \r\nImrity terdiri dari 6 macam, yaitu: santri yang tidak mutola’ah sebelum masuk kelas sehingga \r\nmenjadikan diskusi pasif, santri yang mengantuk, kurangnya media yang mendukung dalam \r\nproses diskusi, kurang adanya kesadaran santri akan pentingnya ilmu Saraf, kurang \r\nadanya usaha dari santri untuk membaca buku/kitab, santri yang lebih menguasai Saraf \r\nkurang memberikan stimulus kepada santri yang kurang mampu dalam memahami Saraf."^^ . "2017-06-02" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIHYAH DAN KEGURUAN, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13420067"^^ . "AFIFATUL MUNAWAROH"^^ . "NIM. 13420067 AFIFATUL MUNAWAROH"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE DISKUSI\r\n\r\n\r\nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY\r\n\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017 (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS METODE DISKUSI\r\n\r\n\r\nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY\r\n\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017 (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS METODE DISKUSI\r\n\r\n\r\nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY\r\n\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE DISKUSI\r\n\r\n\r\nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY\r\n\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE DISKUSI\r\n\r\n\r\nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY\r\n\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE DISKUSI\r\n\r\n\r\nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY\r\n\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE DISKUSI\r\n\r\n\r\nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY\r\n\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE DISKUSI\r\n\r\n\r\nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY\r\n\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE DISKUSI\r\n\r\n\r\nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY\r\n\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE DISKUSI\r\n\r\n\r\nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY\r\n\r\nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #26993 \n\nEFEKTIVITAS METODE DISKUSI \n \n \nDALAM PEMBELAJARAN SARAF DI KELAS IMRITY \n \nPONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .