eprintid: 27008 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/70/08 datestamp: 2017-08-04 03:49:07 lastmod: 2017-08-04 03:49:07 status_changed: 2017-08-04 03:49:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ADJI IMAN SANTOSO, NIM. 10410106 title: Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 2 Godean. ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Project Based Learning, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam. note: Drs. Radino, M.Ag abstract: ADJI IMAN SANTOSO. Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 2 Godean. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Latar belakang penelitian ini adalah ketertinggalan dunia pendidikan Indonesia karena lambannya penyesuaian terhadap kemajuan zaman, yaitu masih banyaknya guru yang menggunakan pendekatan Teacher Centered Learning. Sehingga dirasa perlu berevolusi menggunakan pendekatan Student Centered Learning. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Student Centered Learning model Project Based Learning, bagaimana hasil dari penerapan Project Based Learning serta apa kendala dalam proses penerapan tersebut. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses dan menganalisis hasil pelaksanaan Project Based Learning, serta kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar SMP Negeri 2 Godean Sleman. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Godean. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Project Based Learning: tahap pertama merancang pembelajaran yang meliputi pengkajian silabus, mengidentifikasi materi pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan strategi dan metode pembelajaran, menentukan media dan sumber pembelajaran, serta menyiapkan instrumen penilain. Tahap kedua merupakan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Adapun pembelajaran berjalan lancar dengan langkah Project Based Learning adalah pertanyaan mendasar, menyusun rencana proyek, menyusun jadwal, monitoring, menguji hasil, dan diakhiri evaluasi pengalaman. (2) Hasil dari penerapan dari Project Based Learning ini adalah meningkatkan semangat dan minat peserta didik, melatih siswa berpikir kritis, aktif, bertanggung jawab, berani mengungkapkan pendapat, dan peserta didik dapat mengharagai pendapat orang lain. Siswa dilatih untuk percaya diri dan sopan terhadap orang yang lebih tua. Selain itu siswa dilatih untuk mengkontekstualkan pengetahuan yang mereka miliki. (3) Kendala yang dihadapi adalah masih kurangnya keaktifan siswa, karena siswa masih terkesan malu dan kurang percaya diri serta minimnya sumber belajar. Pelaksanaan proyek menjadi langkah yang paling banyak mengalami kendala dikarenakan banyak hal yang tidak sesuai dengan rencana yang telah dibuat, seperti kehadiran siswa, ketepatan waktu, pembagian tugas dan penggunaan bahasa. Terakhir yaitu penyusunan laporan proyek dan alokasi waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang terbatas dan terpotong-potong. Kata Kunci: Project Based Learning, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam. date: 2017-06-02 date_type: published pages: 164 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ADJI IMAN SANTOSO, NIM. 10410106 (2017) Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 2 Godean. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27008/1/10410106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27008/2/10410106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf