eprintid: 27041 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/70/41 datestamp: 2017-08-15 00:36:33 lastmod: 2017-08-15 00:36:33 status_changed: 2017-08-15 00:36:33 type: article metadata_visibility: show creators_name: Ulmunir, Misbah title: Transformasi PPL-KKN Integratif Menjadi Program Latihan Profesi di Prodi Manajemen Pendidikan Islam ispublished: pub subjects: met_pemb divisions: jur_mana full_text_status: public keywords: Integrative Teaching Experience and Community Service (PPL-KKN Integratif ), Internship II., PPL KKN Integratif, Pendidikan Latihan Profesi II. abstract: The implementation of Presidential Decree number 8 year 2012 about Indonesian National Qualification Framework (KKNI) and Act number 14 year 2005 about teacher and lecturer, requires reorganization and qualification development of the higher education institution which run a program for education and administratif staf education (LPTK) as well as all instruments within it. Course changing as an academic effort in the education institution should be designed sistematically by considering the constitution as well as to accomdate the needs. This research is a qualitatif research using careful tracing toward various documents related to the transformation of the course Integrative Teaching Experience and Community Service (PPL KKN) into Internship II in the Faculty of Tarbiyah and education, as well as interview, documentation, and observation to the transformation process. Researcher used triangulation technique to check the data validity. The research shows that the transformation of course Integrative Teaching Experience and Community Service (PPL-KKN) into PLP II covers the vision and mision, aim, advantage, outline changes, organiser, implementation mechanism, and evaluation. Pemberlakuan Peraturan Presiden Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, menuntut adanya penataan dan peningkatan kualifikasi Perguruan Tinggi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) beserta instrument didalamnya. Perubahan matakuliah sebagai usaha akademik pada lembaga pendidikan, perlu didesain secara sistematis dalam menjalankan amanat undang-undang dan penyesuian diri dengan kebutuhan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. yaitu dengan cara menelusuri secara cermat berbagai dokumen yang terkait dengan transformasi matakuliah PPL KKN menjadi Program Latihan Profesi II di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), wawancara, serta pengamatan aktivitas proses tranformasi. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan trianggulasi sebagai teknik untuk mengecek keabsahan data. Hasil Penelitian Transformasi matakuliah PPL KKN menjadi Program Latihan Profesi (PLP) II di FITK meliputi visi dan misi, tujuan, manfaat, garis besar perubahan, kepanitiaan, tujuan, mekanisme pelaksanaan, dan penilaian. date: 2016-05-01 date_type: published publication: Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam volume: Vol. 1 number: No. 1 publisher: Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pagerange: 137-151 refereed: TRUE issn: 2503-4383 citation: Ulmunir, Misbah (2016) Transformasi PPL-KKN Integratif Menjadi Program Latihan Profesi di Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1 (No. 1). pp. 137-151. ISSN 2503-4383 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27041/1/Misbah%20Ulmunir%20-%20Transformasi%20PPL-KKN%20Integratif%20Menjadi%20Program%20Latihan%20Profesi%20di%20Prodi%20Manajemen%20Pendidikan%20Islam.pdf