eprintid: 27045 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/70/45 datestamp: 2017-08-21 01:48:39 lastmod: 2017-08-21 01:48:39 status_changed: 2017-08-21 01:48:39 type: article metadata_visibility: show creators_name: Shofa, Rizka Amalia title: Kurikulum dan Dinamika Perubahannya di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. ispublished: pub subjects: kur_pen divisions: jur_mana full_text_status: public keywords: Curriculum, Change, Pondok Pesantren, Kurikulum, Perubahan, Pondok Pesantren abstract: This paper is intended to express the concept and dynamics of curriculum change of Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia. The importance of the problem discussed is related to curriculum that is used by Pondok Pesantren as one of the foundations of the development of Islamic educational institutions that would potentially affect the development of Islamic education in Indonesia in general. The concept of curriculum which is applied does not follow the national curriculum that is used at school or college. The result of the research showed that there is a change in the destination and setting of the curriculum of Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia that referred to Universitas Islam Indonesia’s aim to be World Class University. The change affected the content of the curriculum, teaching materials, and the learning methods. A change impact on the activity of students who are not only prepared to be a mujtahid , but more geared to hone the ability of thinking and researching . Makalah ini dimaksudkan untuk mengungkap konsep dan dinamika perubahan kurikulum di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia. Pentingnya masalah tersebut dibahas adalah berkaitan dengan kurikulum yang digunakan Pondok Pesantren yang merupakan salah satu pondasi dari perkembangan lembaga pendidikan Islam di Indonesia tentu akan memengaruhi perkembangan pendidikan Islam di Indonesia, yang konsep kurikulumnya tidak mengikuti kurikulum nasional yang ditetapkan dan digunakan di sekolah atau perguruan tinggi. Hasil pembahasan makalah adalah adanya perubahan tujuan dan pengaturan kurikulum Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia yang merujuk pada keinginan Universitas Islam Indonesia menjadi World Class University yang memengaruhi perubahan isi kurikulum, bahan ajar, hingga cara atau metode pembelajaran yang digunakan. Perubahan tersebut berdampak pada keaktifan santri yang tidak hanya dipersiapkan untuk menjadi mujtahid, tetapi lebih diarahkan untuk mengasah kemampuan berpikir dan meneliti. date: 2016-05-01 date_type: published publication: Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam volume: Vol. 1 number: No. 1 publisher: Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pagerange: 101-114 refereed: TRUE issn: 2503-4383 citation: Shofa, Rizka Amalia (2016) Kurikulum dan Dinamika Perubahannya di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1 (No. 1). pp. 101-114. ISSN 2503-4383 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27045/1/Rizka%20Amalia%20Shofa%20-%20Kurikulum%20dan%20Dinamika%20Perubahannya%20di%20Pondok%20Pesantren%20Universitas%20Islam%20Indonesia%20Yogyakarta.pdf