@article{digilib27046, volume = {Vol. 1}, number = {No. 1}, month = {May}, author = {Rohmatun Lukluk Isnaini}, title = {Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam}, publisher = {Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, year = {2016}, journal = {Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam}, pages = {35--52}, keywords = {Management, Islamic Guidance and Counselling, Character Educatio, Pendidikan Karakter, Bimbingan dan Konseling, Manajemen}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27046/}, abstract = {The importance of character education is a wisdom of value diversity and social live culture. To achive the goal, the education system in school has developed three sub systems, namely, administration, instruction, and pupil/ student personal service. Guidance and counseling program is from pupil/ student personal service. Strengthening character education can be realized through the management of Islamic guidance and counseling. According to management concept, implementation of guidance and counseling management isone of the manivestation of systematic program on how to plan guidance and counseling activity, how to lead human resource in the organization in order to achieve the goal, how to control the activity of guidance and counseling, andhow to evaluate it. Therefore, the management of Islamic guidance and counselingcan achieve the education goal exspecially in strengthening education character. Pentingnya pendidikan karakter adalah kearifan dari keanekaragaman nilai dan budaya kehidupan bermasyarakat untuk membangun keberadaban bangsa.Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam sistem pendidikan di sekolah telah dikembangkan 3 sub sistem, yang meliputi subsistem administrasi (administration), subsistem pengajaran (instruction) dan subsistem pemberian bantuan atau pembinaan siswa(pupil/student personal service). Bidang bimbingan dan konseling termasuk pada bidang pemberian bantuan/pembinaan siswa. Penguatan pendidikan karakter dapat diwujudkan melalui manajemen bimbingan dan konseling Islam. Sehubungan dengan konsep manajemen maka penerapan atau implementasi manajemen bimbingan dan konseling merupakan salah satu manifestasi suatu kegiatan yang sistematis tentang bagaimana merencanakan suatu aktifitas bimbingan dan konseling, bagaimana menggerakkan sumber daya manusia yang ada dalam organisasi bimbingan dan konseling untuk mencapai tujuan, mengawasi bagaimana kegiatan bimbingan dan konseling berjalan dan menilai kegiatan bimbingan dan konseling. Sehingga dengan adanya manajemen bimbingan dan konseling Islam dapat mewujudkan tujuan pendidikan terutama pada penguatan pendidikan karakter siswa.} }