eprintid: 2707 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/27/07 datestamp: 2013-01-17 12:29:50 lastmod: 2013-01-17 12:31:46 status_changed: 2012-05-04 16:43:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KARUNI AYU SAWITRI - NIM. 05410110, title: UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI QUANTUM TEACHING PADA SANTRI TPA AL-IKHLAS TEMPEL CATURTUNGGAL SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Upaya, Menumbuhkan, Motivasi, Belajar, Melalui, Quantum Teaching, Santri note: Pembimbing : Muqowim, M. Ag abstract: Motivasi belajar yang rendah pada santri TPA merupakan permasalahan utama dalam proses pembelajaran pada TPA Al-Ikhlash Tempel. Penelitian ini ingin mencari solusi atas persoalan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching untuk menumbuhkan motivasi belajar. Berangkat dari permasalahan tersebut penelitian ini hendak menjawab rumusan masalah bagaimana penerapan quantum teaching pada TPA Al-Ikhlash dan apa hasil yang dapat diperoleh dalam upaya menumbuhkan motivasi belajar santri dengan menggunakan model quantum teaching. Ada dua tujuan utama yang hendak dicapai; pertama, untuk mengetahui penerapan quantum teaching dalam pembelajaran PAI. Kedua, mengetahui hasil penerapan quantum teaching sebagai upaya menumbuhkan motivasi belajar santri TPA Al-Ikhlash Tempel Catur Tunggal. Penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangan konstruktif terhadap perbaikan metode pengajaran yang digunakan pada proses pembelajaran di TPA AL-Ikhlash Tempel Catur Tunggal Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan ustadzah pengampu. Dengan subjek kelas II TPA Al-Ikhlash Tempel Catur Tunggal Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengamatan terlibat, wawancara, dokumentasi, dan angket sebagai data penguat. Analisis data dilakukan atas data yang terkumpul, dimulai dari pemilahan dan pereduksian kemudian memberi tafsiran. Data angket dalam penelitian ini dimaksudkan untuk memberi penguat atas hasil pengamatan yang dilakukan secara subjektif oleh peneliti dan ustadzah pengampu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan quantum teaching dengan mengikuti pola TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) dapat diterapkan pada proses pembelajaran santri TPA. Pola TANDUR dibagi dalam tiga kegiatan pembelajaran, yakni pada kegiatan awal, inti, dan penutup. 2) Penerapan quantum teaching yang dilakukan dapat menstimulasi motivasi belajar anak. Penerapan quantum teaching dengan mengombinasi model permainan tepat digunakan untuk menstimulasi motivasi belajar santri. Upaya ini sejalan dengan perkembangan psikologi anak dalam belajar, sehingga mereka merasa senang dan nyaman dalam belajar. Motivasi belajar dengan menggunakan penerapan quantum teaching mampu menggugah gairah anak belajar tanpa suruhan dan paksaan. Inilah hal penting yang hendak dicapai dalam setiap proses pembelajaran. date: 2009-06-22 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-06-22 14:21:37 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--karuniayus-2408-1-karunia-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/49/digilib-uinsuka--karuniayus-2408-1-karunia-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2795 ; nama file lama : KARUNI AYU SAWITRI 05410110 UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI QUANTUM TEACHING PADA SANTRI TPA AL-IKHLAS TEMPEL CATURTUNGGAL SLEMAN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1407534 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: KARUNI AYU SAWITRI - NIM. 05410110, (2009) UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI QUANTUM TEACHING PADA SANTRI TPA AL-IKHLAS TEMPEL CATURTUNGGAL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2707/1/BAB%20I%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2707/2/BAB%20II%2CIII.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2707/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2707/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2707/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2707/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2707/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2707/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2707/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2707/10/small.jpg