@article{digilib27088, volume = {Vol. 1}, number = {No. 1}, month = {May}, author = {. Samingan}, title = {UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI STANDAR PROSES DI MTsN GIRILOYO IMOGIRI BANTUL TAHUN 2012}, publisher = {Pusat Pengembangan Madrasah (PPM) Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, year = {2016}, journal = {Jurnal Pendidikan Madrasah}, pages = {137--142}, keywords = {Quality, Process Standard, MTsN Giriloyo, Mutu, Standar Proses, MTsN Giriloyo}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27088/}, abstract = {The purpose of this study was to determine effective measures in improving the quality of learning through Processing Standards in MTsN Giriloyo Imogiri. In all forms of teaching and learning, the learning process is crucial to the success of educational objectives to be achieved. The results showed that, first, teacher is better in term of planning and administration in preparing. Especially the preparation of lesson plan from introduction, core activities and cover. Second, in the implementation of classroom teachers are increasingly targeted, because based lesson plan that has been prepared well. Thirdly, the preliminary activities of the teacher always prepares students both physically and psychologically. Fourth, the practice of learning to do in the classroom on learning core activities are already using exploration, elaboration, and confirmation. Fifth, at the end of the lesson the teacher always gives duty at home, a task both structured and unstructured independent activity, as well as the teacher gives an overview plan future activities. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah efektif dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran melalui Standar Proses di MTsN Giriloyo Imogiri Bantul. Dalam segala bentuk kegiatan belajar mengajar, proses pembelajaran sangat menentukan untuk keberhasilan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, secara perencanaan guru semakin lebih baik dan mantab dalam menyiapkan administrasi guru. Terutama penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mulai dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas guru semakin terarah, karena berdasar rencana pelaksnaan pembelajaran yang sudah disusun dengan baik. Ketiga, pada kegiatan pendahuluan guru selalu menyiapkan anak didik baik secara fisik maupun psikis. Keempat, praktek pembelajaran yang dilakukan di kelas pada kegiatan inti pembelajaran sudah menggunakan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Kelima, pada akhir pembelajaran guru selalu memberikan tugas di rumah, baik tugas terstruktur maupun kegiatan mandiri tidak terstruktur, serta guru memberikan gambaran rencana kegiatan selanjutnya.} }