%0 Thesis %9 Skripsi %A Marjudin NIM. 04410695, %B Fakultas Tarbiyah %D 2009 %F digilib:2710 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Upaya, Guru, PAI, TPA, Kemampuan, Membaca, Al-Qur'an, Siswa %T UPAYA GURU PAI DAN GURU TPA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA – SISWI SD JURUGENTONG BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2710/ %X Penelitian tentang upaya guru PAI dan guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur'an ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis upaya yang telah dilaksanakan dan yang seharusnya dilaksanakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca al-qur'an. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan pembelajarannya. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca al-qur'an di SD Jurugentong Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan guru TPA yang mengajar di SD Jurugentong. Sedangkan untuk mengetahui hasil penelitian juga melibatkan objek yaitu siswa sebanyak 32 anak. Adapun penentuan siswa untuk menjadi objek penelitian adalah dengan cara menggunakan teknik proportional sampling atau sistem acak berimbang. Metode pengumpulan data adalah obeservasi, wawancara, dokumentasi, metode ujian / tes, dan metode analisis data. Hasil penelitian: 1) pelaksanaan pembelajaran membaca al-qur'an atau iqro' di SD Jurugentong Banguntapan Bantul yang dilaksanakan dalam program ekstrakurikuler TPA menunjuk hasil yang cukup baik dengan indikator terjadi peningkatan rata-rata jumlah siswa yang mampu membaca Al-qur'an atau iqro' denga lancar dan baik. 2) Upaya baru yang dilakukan oleh guru PAI dan guru TPA dalam rentang waktu yang cukup singkat dapat meningkatkan jumlah siswa yang dapat membaca al-qur'an atau iqro' dengan cukup baik. 3) Faktor Pendukung pelaksanaan pembelajaran membaca al-qur'an atau iqro' adalah: a. kesehatan jasmani siswa. b. Tingkat Kecerdasan Yang Cukup (tinggi). c. Keluarga yang perhatian. d. Ketersediaan Sarana Pembelajaran Membaca Al-qur'an dan Iqro. e. Guru PAI dan Guru TPA yang Istiqomah. 4) Faktor penghambatnya adalah : a. Jumlah guru TPA tidak sebanding dengan jumlah siswa. b. Kemampuan guru TPA dan PAI dalam mengelola siswa berbeda-beda. c. Kurikulum TPA belum jelas. d. Guru TPA terbebani dua pekerjaan dari sekolah yang terkadang waktunya bersamaan. e. Kurangnya buku pedoman bagi siswa. f. Waktu kurang efektif. g. Supervisi yang lemah dari kepala sekolah. h. Keterbatasan dana. i. Rendahnya kesadaran orang tua wali siswa untuk mendidik al-qur'an. j. Kurangnya forum pertemuan dengan orang tua / wali murid. %Z Pembimbing : Drs Radino, M.Ag