eprintid: 27108 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/71/08 datestamp: 2017-08-01 02:08:57 lastmod: 2017-08-01 02:08:57 status_changed: 2017-08-01 02:08:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Malikha Khoiruli Amanati, NIM. NIM. 12410018 title: KESESUAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MENURUT PERMENDIKBUD NO. 103 TAHUN 2014 DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Permendikbud No.103 Tahun 2014, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X note: Dr. Suwadi, M.Ag., M.Pd abstract: Pelaksanaan pembelajaran disekolah mengalami perubahan seiring dengan perubahan dan regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Dalam waktu 3 tahun permendikbud yang mengatur tentang Standar Proses perubahan dari Permendikbud No. 81A tahun 2013 diubah lagi dengan Permendikbud No. 103 Tahun 2014 sehingga guru mengalami kesulitan dalam menyesuaikan penerapan permendikbud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kesesuaian, Kendala, dan Solusi bagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut Permendikbud No.103 Tahun 2014 dengan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMK Negeri 2 Depok Sleman. Subyek Penelitian terdiri dari Waka Bagian Kurikulum, Guru PAI, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan : (1)Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun oleh guru telah sesuai dengan Permendikbud No. 103 Tahun 2014 dengan menambahkan komponen Paket Keahlian, KKM/KB, Tujuan Pembelajaran, Pendekatan, Model, dan Metode. untuk Penilaian Remidial dan Pengayaan masih sama dengan Penilaian Pembelajaran.(2) Kendala yang dihadapi guru terdiri dari kendala internal dan eksternal. Kendala internal yaitu faktor fisik dan psikologi peserta didik yang berbeda. Kendala eksternal terdiri dari faktor sosial dan non sosial. Faktor non sosial terdiri dari kurikulum dan waktu pembelajaran. (3)Solusi dari permasalahan tersebut adalah dari aspek internal yaitu bimbingan dari guru, diskusi, dan tanya jawab. Solusi eksternal yaitu dengan komunikasi yang baik antar peserta didik, guru, dan pihak sekolah. Dari aspek non sosial guru lebih cermat dan teliti dalam penyusunan RPP dan mengenal peserta didik lebih baik lagi agar lebih mudah dalam penilaian. Sedangkan dalam aspek Permendikbud No.103 Tahun 2014 guru menambahkan komponen Paket Keahlian, KKM/KB, Tujuan Pembelajaran, Pendekatan, Model, dan Metode agar RPP yang disusun menjadi RPP yang lengkap dan dapat dipahami dengan mudah. Solusi untuk waktu pembelajaran adalah dengan penggantian jam pelajaran apabila alokasi pembelajaran masih kurang Kata Kunci : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Permendikbud No.103 Tahun 2014, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X date: 2017-05-19 date_type: published pages: 247 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Malikha Khoiruli Amanati, NIM. NIM. 12410018 (2017) KESESUAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MENURUT PERMENDIKBUD NO. 103 TAHUN 2014 DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27108/1/12410018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27108/2/12410018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf