eprintid: 27115 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/71/15 datestamp: 2017-09-15 01:36:53 lastmod: 2017-09-15 02:12:54 status_changed: 2017-09-15 01:36:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Almaratus Sholihah, NIM. 12210100 title: STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN PROGRAM ACARA RELIGI (Studi Terhadap Program Acara Hafiz Indonesia Di RCTI) ispublished: pub subjects: PA subjects: met_dakwah divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Srategi Kreatif, Hafiz Indonesia, Menjadi Pribadi Kreatif note: Dr. Akhmad Rifa’i, M.Phil abstract: Almaratus Sholihah (12210100). Strategi Kreatif Produser Dalam Mempertahankan Program Acara Religi (Studi Terhadap Program Acara Hafiz Indonesia di RCTI). Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2017. Ajang pencarian bakat penghafal Al-Qur’an jarang ditayangkan oleh stasiun televisi Indonesia dikarenakan penonton program acara ini terbilang sedikit. Chanel televisi RCTI menayangkan program pencarian bakat Hafiz Indonesia kategori anak-anak dan berhasil menarik perhatian penonton televisi. Hal ini terbukti dari rating dan share yang cukup tinggi untuk program acara Hafiz Indonesia selama bulan Ramadhan. Penelitian ini ingin melihat bagaimana strategi produser program acara tersebut dalam mempertahankan eksistensi program di RCTI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori milik Febe Chen yang membahas tentang menjadi pribadi kreatif dan orisinil. Teknik pengunpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung terhadap produser Hafiz Indonesia, serta mengumpulkan data-data berupa dokumen yang ada dari tim Hafiz Indonesia. Setelah itu dilakukan proses analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi produser Hafiz Indonesia dalam mempertahankan eksistensi program acara Hafiz Indonesia adalah dengan menampilkan sesuatu yang berbeda setiap tahunnya, seperti menaikkan jumlah hafalan bagi pesertsa dari minimal 1 juz Al-Qur’an menjadi 5 juz Al-Qur’an, menghadirkan inspirator penghafal Al-Qur’an dari Tajekistan, Mesir dan para Gubernur Indonesia yang merupakan seorang hafiz, serta memperbaharui gimmick berupa games seperti peta Al-Qur’an, sambung ayat dan estafet random. date: 2017-05-10 date_type: published pages: 132 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Almaratus Sholihah, NIM. 12210100 (2017) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN PROGRAM ACARA RELIGI (Studi Terhadap Program Acara Hafiz Indonesia Di RCTI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27115/1/12210100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27115/2/12210100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf